Mengenal 3 Varian Sate Ponorogo, Ada yang Jadi Langganan Presiden

Putra
Mengenal varian sate Ponorogo foto: iNewsPonorogo.id/Putra

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Kabupaten Ponorogo memang cukup dikenal akan budaya dan kesenian tradisional Reog Ponorogo. Namun dikota ini juga banyak kuliner khas, salah satunya adalah Sate Ayam Ponorogo.

Sate syam Ponorogo berbeda dengan sate ayam yang lain seperti sate ayam Madura atau sate Padang.

Perbedaan sebenarnya terletak cara mengolah dan cara menyanjikannya, meskipun sama-sama dari bahan baku daging ayam, serta pada saos atau sambalnya.

Di Ponorogo ternyata ada beberapa varian sate ayam yang juga berbeda dalam pengolahannya, bentuk hingga lokasi tempat asalnya.

Lalu apa saja jenis sate ayam di Ponorogo:

1. Sate ayam Gang Sate, Jl Lawu, Kota Ponorogo

Sate ayam Tukri adalah yang terkenal dibanding yang lain. Lokasinya terletak di Jalan Lawu Gang Sate, Kelurahan Nologaten, Kabupaten Ponorogo. Sebenarnya banyak penjual sate di Gang Sate ini. Namun sate Tukri Sobikun atau sate Pak Tukri yang paling terkenal.

Sate di gang sate ini ukuran satenya jumbo, jika dibandingkan varian sate Ponorogo yang lain. Harganya sendiri Rp 32 ribu per 10 tusuknya.

Sate Pak Tukri semakin terkenal karena sering menjadi langganan para pejabat negara, hingga beberapa Presiden Indonesia pernah mampir di sate Tukri. Mulai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hingga Presiden Jokowi. Bahkan ada cerita jika kakek Pak Tukri, yaitu Sobikun yang sudah berjualan sejak tahun 1960, pernah di undang Presiden Soekarno ke Istana.

Awalnya tidak buka di rumah. Dimana Sobikun berjualan di Jalan Ahmad Dahlan, dengan memikul dagangannya, dari Jalan Lawu menuju jalan Ahmad Dahlan. Sedangkan buka dirumah di tahun 2003.

Editor : Putra

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network