Viral! Pendakian Tektok ala Anak Muda, Naik Pagi Buta, Turun Jelang Magrib

Vien Dimyati
Pendakian yang disebut "tektok" sedang ramai diperbincangkan di kalangan anak muda. Istilah "tektok" merujuk pada pendaki yang menyelesaikan dalam waktu singkat. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Akhir-akhir ini, pendakian yang disebut "tektok" sedang ramai diperbincangkan di kalangan anak muda. Istilah "tektok" merujuk pada pendaki yang menyelesaikan perjalanan pendakian dalam waktu singkat.

Biasanya, pendaki tektok tidak menginap di puncak atau pos pendakian. Mereka sering kali berangkat pagi-pagi sekali, mencapai puncak, lalu kembali turun pada hari yang sama jelang magrib.

Pendakian tektok memerlukan stamina yang baik karena seluruh perjalanan harus dilakukan dalam waktu singkat. Metode ini sering dipilih oleh pendaki yang ingin mencapai puncak dengan cepat dan efisien tanpa membawa peralatan berat untuk bermalam.

Di Pulau Jawa, beberapa gunung sangat populer di kalangan pendaki yang tertarik dengan pendakian tektok. Jika Anda ingin mencoba pendakian tektok, ada beberapa gunung di Pulau Jawa yang bisa Anda pertimbangkan untuk dijelajahi.

Penasaran, di mana saja gunung yang bisa dilakukan pendakian tektok? Berikut ulasannya:

1. Gunung Penanggungan 

Gunung Penanggungan yang ada di Mojokerto, Jawa Timur memiliki ketinggian 1.653 mdpl. Gunung Penanggungan menawarkan jalur pendakian yang cukup menantang dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam hingga puncak. Dari puncak, pendaki bisa menikmati pemandangan Gunung Arjuno dan Welirang.

2. Gunung Andong

Gunung Andong memiliki ketinggian 1.726 mdpl. Gunung ini berada di Magelang, Jawa Tengah. Pendakian ke Gunung Andong cukup singkat, hanya memerlukan waktu sekitar 2-3 jam hingga puncak. Pemandangan dari puncak sangat indah, dengan panorama 360 derajat yang menampilkan pegunungan di sekitarnya.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network