Pendangkalan, TNI Bareng Warga Bersihkan Sampah Sungai di Tengah Kota Ponorogo

Putra
Anggota TNI bersama warga gotong Royong bersihkan sampah di sungai foto: iNewsPonorogo.id/Putra

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Guna antisipasi terjadinya kembali banjir, saat nanti musim penghujan, ratusan anggota TNI Kodim 0802 Ponorogo bersama warga serta para relawan melakukan pembersihan sampah di sungai anak bengawan solo, tepatnya di kawasan Jalan Juanda, Kelurahan Tonatan.

Kegiatan membersihkan bantaran sungai sepanjang 1,2 kilometer ini dimaksudkan untuk membersihkan sampah di aliran sungai yang berpotensi meluap pada saat curah hujan meningkat, hingga berpotensi terjadinya banjir.

Kerap kali saat musim penghujan, wilayah, kecamatan kota dilanda bencana banjir akibat luapan air sungai. Hal ini selain karena pendangkalan, luapan air sungai ini disebabkan adanya penyumbatan oleh banyaknya sampah.

“Hari ini yang kita sasar adalah sungai sepanjang 1.200 meter di jalan Juanda, karena sungainya melewati kota, dan ini menjadi salah satu biang kerok penyebab banjir, karena sungai yang masuk wilayah kota banyak,” kata Letkol Inf Dwi Soerjono, Dandim 0802 Ponorogo.

Tidak hanya sampah, namun aliran sungai juga tertutup oleh banyaknya tanaman eceng gondok.

“Selain sampah rumah tangga, juga banyak tanaman eceng gondok. Kesulitannya tidak tahu kedalaman sungai, sehingga menyusahkan pembersihan,” pungkas Anton, salh satu relawan.                                                  

Setelah kegiatan ini, diharapkan masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dan sungai, termasuk untuk tidak membuang sampah di sungai. Sehingga banjir dimusim penghujan sudah tidak terjadi lagi.

Editor : Putra

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network