Rekonstruksi Kasus Ayam Potong Formalin, Polisi: Agar Daging Awet dan Tak Lembek

Yohannes Tobing
Polsek Neglasari, Tangerang melakukan rekontruksi kasus ayam potong yang dicampur formalin dengan air ke dalam boks plastik. (Foto: MPI/Yohannes Tobing)

TANGERANG, iNews.id - Polsek Neglasari, Tangerang melakukan rekontruksi kasus ayampotong yang dicampur formalin dengan air ke dalam boks plastik. Dalam peragaannya ayam dipotong dan dibersihkan, kemudian dimasukkan ke dalam box plastik berisi formalin.

Kapolsek Neglasari Kompol Putra Pratama menjelaskan para tersangka mengakui pemotongan ayam tersebut sudah beroperasi kurang lebih enam tahun di wilayah Neglasari.

"Tersangka mencampur formalin dengan air ke dalam boks plastik. Setelah ayam dipotong dan dibersihkan, ayam tersebut dimasukkan ke dalam boks plastik tersebut," kata Putra, Jumat (6/5/2022). 

Distribusi penjualan ayam potong tersebut dijual ke Pasar Babakan, Kecamatan Tangerang. Maksud penggunaan formalin tersebut agar ayam bisa bertahan lebih lama, awet, dan dagingnya tidak lembek.

“Maksud dan tujuan para tersangka menggunakan formalin tersebut hanya agar ayam potong bisa bertahan lebih lama atau awet dan daging ayam tersebut tidak lembek,” ucapnya.

Sebelumnya, menjelang Lebaran, polisi melakukan penggerebekan di dua lokasi pemotongan ayam yang diduga melakukan tindak pidana di bidang pangan dan tindak pidana perlindungan konsumen.

"Bermula dari informasi masyarakat tentang adanya dua lokasi usaha ayam potong yang menggunakan formalin dari info tersebut kami berhasil menangkap tiga orang," ucapnya.

"Ketiganya kami lakukan penahanan di Polsek dan hari ini menjalani rekontruksi tindak pidana yang mereka lakukan” ujar Putra.

Dari pengembangan perkara yang dilakukan, penyuplai formalin kepada para pengusaha ayam potong ini berhasil ditangkap yaitu tersangka SUM alias Bodrex. 

"Dan didapati barang bukti tujuh jeriken ukuran lima liter berisi cairan formalin dan sementara yang baru baru ini total baru ada tiga orang tersangka yakni pemilik usaha, pemilik usaha potong ayam TKP, dan penyuplai formalin atas nama SUM," tuturnya

Barang bukti yang diamankan yaitu empat boks plastik berisi cairan formalin tempat merendam ayam potong, dua botol bekas air mineral 1.000 ml berisi cairan formalin warna pink, sampel 57 ekor ayam potong negeri yang sudah dicelupkan atau direndam dalam cairan formalin, dan dokumentasi pada saat dilakukan penggerebekan serta tujuh jeriken ukuran lima liter berisi cairan formalin.

Hasil pengujian formalin terhadap dua sampel ayam potong dari dua TKP yang dilakukan oleh dinas ketahanan pangan Kota Tangerang yaitu positif mengandung formalin baik di kulit maupun di daging ayam.

"Sampel barang bukti ayam potong telah dilakukan tes uji formalin oleh tim uji rapid test kit formalin Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang dengan hasil positif mengandung formalin baik di kulit maupun di daging ayam," kata Putra.

Ketiga tersangka terancam Pasal 136 Huruf B jo Pasal 75 ayat (1) tahun 2012 atau Pasal 62 ayat (1) jo Pasal 8 ayat (1) UU RI No 6 tahun 1999 tentang perlindungan Konsumen Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. 

"Dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau denda paling banyak Rp10 miliar,” tutur Putra.

Editor : Putra

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network