get app
inews
Aa Read Next : Siang Ini Terjadi Fenomena Hari Tanpa Bayangan di Ponorogo, Catat Waktunya

Fenomena Planet Berjajar Lurus, Ini Kata Astronom Observatorium Bosscha

Jum'at, 24 Juni 2022 | 20:44 WIB
header img
Penampakan empat planet terang sejajar Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus yang bisa diamati dengan mata telanjang pada bulan ini. (Foto/Observatorium Bosscha)

BANDUNG, iNews.id Fenomena astronomi yang cukup langka bakal kembali terjadi dan bisa dilihat langsung. Yakni berupa pemandangan delapan planet di Tata Surya yang berjajar tegak lurus di ufuk timur. 

Astronom sekaligus juru bicara Observatorium Bosscha, Yatny Yulianti mengatakan, peristiwa planet berjajar ini terjadi pada 18 tahun lalu dan akan terjadi lagi tahun 2040. Sebagian planet itu bisa dilihat dengan mata telanjang.

"Sebenarnya ini bukan kejadian rutin, tapi berulang dengan rentang waktu tertentu. Nanti di tahun 2040 juga akan terjadi fenomena yang sama," ujarnya, Jumat (24/6/2022).

Nantinya planet-planet seperti Merkurius, Venus, Mars, dan Saturnus bisa diamati dengan mata telanjang karena memancarkan cahaya cukup terang. Sedangkan Uranus dan Neptunus hanya bisa diamati dengan alat bantu teleskop.

Pemandangan barisan planet bisa terlihat di langit Bandung mulai pertengahan hingga akhir Juni 2022. Waktu yang tepat untuk menyaksikan fenomena alam itu pada saat langit gelap atau sekitar pukul 05.00 pagi. 

"Planet-planet terang seperti Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus bisa bersamaan diamati, fenomena itu akan terjadi hingga akhir Juni 2022," tuturnya.

Editor : Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut