get app
inews
Aa Read Next : Viral, Pemain Uzbekistan Menghirup Sesuatu Saat Lawan Timnas Indonesia U-23

Perjalanan Blue Bird, Berawal dari Mobil Sewaan Kini Punya Puluhan Ribu Armada Taksi

Minggu, 10 Juli 2022 | 15:12 WIB
header img
Sebanyak 50 armada taksi pertama Blue Bird merupakan mobil Holden Torana yang diimpor langsung dari Australia. (Foto: Tangkapan Layar/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Siapa yang tidak kenal Blue Bird. Masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta sudah tidak asing lagi dengan perusahaan taksi ini.

Blue Bird sendiri menjadi salah satu yang terbesar dan terkuat. Terbukti di saat banyak perusahaan jasa transportasi yang mati karena kehadiran taksi online dan pandemi Covid-19, "Si Burung Biru" hingga kini masih kuat menancapkan cakarnya.

Nah, buat kalian yang penasaran seperti apa perjalanan Blue Bird. Perusahaan ini lahir pada 1972. Meskipun begitu, cikal bakal perusahaan sudah ada sejak 1965. 

Wakil Direktur Utama Blue Bird, Adrianto Djokosoetono menuturkan Blue Bird lahir dari kejadian pilu. Dilansir dari tayangan YouTube PerpalZ TV, pria yang kerap disapa Andre itu mengungkapkan Blue Bird berdiri tak lama sepeninggal Djokosoetono yang notabene adalah sang kakek.

Kala itu, neneknya memutar otak bagimana bisa bertahan menyambung hidup dan tercetuslah ide menyewakan mobil dinas peninggalan Djokosoetono kepada teman dekat.

"Selain menyambung hidup, sebenarnya keluarga kami juga basenya memang di dunia transportasi. Sebelumnya almarhum kakak ayah yang paling tua itu sopir bemo, dan ayah saya keneknya," kata Andre.

Lebih lanjut, Andre mengungkapkan usaha keluarga ini semakin berkembang saat Gubernur Ali Sadikin menata sektor transportasi publik pada 1971.

Dia mengatakan, lantaran rumah dinas sang ayah berada di Menteng yang mana hampir semua tetangganya juga memiliki mobil, akhirnya para tetangga menawarkan unit mobilnya untuk disewakan.

"Mulai dari situ, karena unit mobil juga sudah banyak akhirnya para founder dan co-founder bersama dengan partner bisnis juga yang punya modal saat itu untuk bikin perusahaan taksi," kata Andre.

Andre menyebutkan 50 armada taksi pertama Blue Bird merupakan mobil Holden Torana yang diimpor langsung dari Australia. Seiring dengan perjalanannya, Blue Bird mengenakan tarif berdasarkan argometer.

Masuk 1996, Blue Bird mulai melengkapi seluruh armadanya dengan radio komunikasi dan GPS. Inovasi terus dihadirkan Blue Bird hingga yang terbaru adalah menambahkan armada mobil listrik.

Sekadar informasi, hingga akhir 2021, perusahaan Blue Bird tercatat memiliki lebih dari 20.000 armada dan 23.000 karyawan yang beroperasi pada 48 pool di 18 kota. Blue Bird semakin eksis hingga saat ini.

Editor : Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut