get app
inews
Aa Read Next : Update Kecelakaan Bus Sugeng Rahayu Vs Eka Cepat di Ngawi, Berikut Jumlah Korban

5 PO Bus Legendaris Asal Sukabumi yang Masih Bertahan Hingga Kini

Senin, 18 Juli 2022 | 12:36 WIB
header img
PO Bus Legendaris Asal Sukabumi yang Masih Bertahan Hingga Kini (Foto: Lana Jaya)

JAKARTA, iNews.id - Inilah deretan PO bus legendaris asal Sukabumi yang masih bertahan hingga kini. Sukabumi, Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang banyak menyimpan bus legendaris. 

Sayangnya, nasib sejumlah perusahaan otobus tersebut kini dalam kondisi memprihatinkan. Meski begitu, masih ada sejumlah bus legendaris asal Sukabumi yang masih bertahan hingga kini.
Berikut iNews.id telah merangkum lima PO bus legendaris asal Sukabumi yang masih bertahan hingga kini. Apa saja?

PO Bus Legendaris Asal Sukabumi yang Masih Bertahan Hingga Kini

1. Langgeng Jaya

PO Langgeng Jaya merupakan salah satu perusahaan otobus yang paling tua di Sukabumi, Jawa Barat. Bus yang berjaya di tahun 1990-an itu kini namanya mulai meredup, dan kini hanya tinggal satu armada yang melayani trayek Palabuhanratu-Sukabumi.

Pada masanya, bus Langgeng Jaya ini merupakan bus favorit masyarakat Sukabumi untuk menuju ke kota lain, seperti Jakarta, Bandung, dan sekitarnya.

Trayek yang pernah dilayani bus ini adalah Sukabumi-Bandung (Leuwi Panjang), Sukabumi-Bandung (Cicaheum), Cirebon via Sumedang,  Majalengka, Sukabumi-Bekasi, dan lain sebagainya.

Langgeng Jaya sendiri dulu pernah memiliki hingga ratusan armada, sebelum akhirnya bangkrut dan diakuisisi oleh Hiba Group. Trayek Bandung-Sukabumi dipakai oleh PO BOS (Bina Optima Sejahtera) yang kemudian berganti nama menjadi PO Hiba Prima. Sedangkan trayek Sukabumi-Jakarta dipakai oleh PO Pandu Jaya.

2. Rencana Jaya

PO bus legendaris asal Sukabumi berikutnya adalah PO Rencana Jaya. Bus di bawah PT Rencana Jaya Utama sebelumnya melayani rute Sukabumi-Kampung Rambutan Ciracas Jakarta Timur.

Pada 2022, salah satu bus legendaris asal Sukabumi ini hanya tersisa satu unit saja. Bus terakhirnya yakni AC Ekonomi RJ-55 (F 7755 UB). Sayangnya, pada 8 April 2022 lalu bus terakhir Rencana Jaya resmi pensiun.

3. Setia Budi

PO Setia Budi merupakan perusahaan otobus yang berasal dari Cicurug, Sukabumi. Bus Setia Budi ini sangat terkenal dan menjadi ikon bus pariwisata di Sukabumi. 

Bus yang identik dengan warna hijau ini lahir sekitar tahun 1970-an atau 1980-an awal. Setia Budi mengawali kiprahnya dengan memiliki satu unit truk Mercy LP 911 yang digunakan untuk mengangkut hasil bumi dari Sukabumi menuju Jakarta dan kota-kota besar lainnya. 

Seiring berjalannya waktu, PO ini membuka trayek Sukabumi-Cililitan menggunakan armada body capsule dan mesin Mercy of 1113. 

Namun, saat ini pamor bus Setia Budi semakin merosot hingga hanya tersisa 1-2 unit bus saja.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut