get app
inews
Aa Read Next : Manfaat Listrik Masuk Sawah Oleh PLN UP3 Ponorogo Bagi Petani, Hasil Meningkat

10 Cara Mengobati Amandel Secara Alami, Gak Butuh Waktu Lama Sembuh!

Selasa, 19 Juli 2022 | 03:40 WIB
header img
10 Cara mengobati amandel secara alami (Foto: Healthline)

10 CARA mengobati amandel secara alami penting untuk Anda ketahui. Sakit amandel atau radang amandel dalam dunia medis disebut dengan tonsilitis. Penyakit ini sebagian besar terjadi akibat infeksi virus. Tahukah Anda ada 10 cara mengobati amandel secara alami?

Ya, bahan rumahan bisa dijadikan senjata untuk menyembuhkan radang amandel. Kuncinya adalah tidak mengonsumsi makanan pedas dan minuman yang terlalu asam, bersoda, atau dingin. Amandel pun bisa sembuh dalam waktu yang tidak lama.

Dilansir dari Medical News Today, Senin (18/7/2022), berikut 10 cara mengobati amandel secara alami:

1. Minum banyak cairan hangat

Ingat, kuncinya adalah jangan minum dingin, apalagi pakai es batu. Karena itu, di saat radang amandel, pastikan Anda hanya minum minuman hangat.

Selain minuman hangat, cairan hangat pun harus jadi pilihan. Untuk itu, sup hangat, kaldu hangat, teh hangat bisa jadi pilihan yang bijak saat sakit amandel.

2. Makan yogurt

Makan yogurt atau smoothie yang segar bisa jadi pilihan lain, karena mereka menawarkan pereda nyeri sementara akibat sensasi mati rasa tenggorokan.

3. Jangan konsumsi makanan keras

Makanan keras atau tajam adalah musuh besar saat Anda kena radang amandel. Makanan keras bisa menggores tenggorokan, menyebabkan iritasi dan peradangan semakin serius.

Jika Anda mau makan biskuit, sebaiknya pastikan biskuit itu dicelupkan ke dalam susu sehingga saat masuk ke mulut sudah lunak. Pun juga wafer atau roti.

4. Berkumur dengan air garam

Air garam dipercaya bisa membunuh kuman. Pilihan berkumur dengan air garam bisa Anda coba untuk membersihkan maksimal area mulut Anda, termasuk meredakan rasa sakit.

5. Pastikan udara ruangan sejuk

Berada di dalam ruangan kering saat radang amandel adalah bencana. Sebab, itu bisa membuat tenggorokan semakin kering dan pada akhirnya radang amandel semakin perih terasa. Karena itu, usahakan untuk buat udara senyaman mungkin.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut