get app
inews
Aa Read Next : Dramatis Proses Evakuasi Pendaki Tewas di Gunung Agung, Penyelamat Berjuang Lawan Badai

5 Alasan Gunung Prau Cocok untuk Pendaki Pemula

Kamis, 21 Juli 2022 | 06:32 WIB
header img
Pendaki menikmati suasana di Gunung Prau. (foto IG @prau_mountain)

JAKARTA, iNews.id -  Gunung Prau berada di empat kabupaten di Jawa Tengah ini merupakan salah satu gunung yang cocok untuk yang baru melakukan pendakian. Lalu, apa alasan Gunung Prau cocok untuk pendaki pemula?

Kebanyakan pendaki mengatakan bahwa pemandangan matahari terbit di Gunung Prau merupakan yang terbaik se-Asia Tenggara dan berhasil membuat siapa pun rindu. 

Gunung Prau terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng dan merupakan tepi batas antara empat kabupaten, yaitu Kabupaten Batang, Kendal, Temanggung, dan Wonosobo. Ketinggian Gunung Prau mencapai 2.565 mdpl sehingga termasuk gunung yang ramah untuk pendaki pemula. 

Berikut 5 alasan Gunung Prau cocok untuk pendaki pemula : 

1. Lintasan Pendakian yang Landai 

Lintasan pendakian Gunung Prau memiliki kontur tanah yang landai.  Karena itu, Gunung Prau cocok untuk para pendaki pemula. Sebagai perbandingannya, jika kalian pernah mendaki Gunung Gede Ponorogo melalui jalur Cibodas, maka lintasan daki Gunung Prau kurang lebih sama. Namun bisa dikatakan dua kali lebih ringan dibandingkan dengan lintasan Gunung Gede Ponorogo via jalur Cibodas. 

2. Dekat dengan Puncak 

Lintasan pendakian Gunung Prau via Patak Banteng memiliki rute yang cukup dekat dengan puncak. Oleh karena itu, banyak pendaki yang menyukainya. Lintasan pendakian Gunung Prau via Patak Banteng memiliki jarak sekitar 4 kilometer.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut