get app
inews
Aa Read Next : Video Lumba-Lumba Mendadak Muncul Usai Seorang Pemuda Lantunkan Ayat Al Ahzab Viral

Lumba-Lumba Ditemukan Mati di Perairan Gili Air, Badan Berlubang Diduga Kena Tombak

Kamis, 04 Agustus 2022 | 08:14 WIB
header img
Seekor lumba-lumba kondisi mati di perairan Gili Air, Kabupaten Lombok Utara, NTB, Rabu (3/8/2022) (Foto: Dok BKKPN)

LOMBOK UTARA, iNews.id - Seekor lumba-lumba dilindungi Undang-undang jenis spinner dolphin (Stenella longirostris) ditemukan warga dalam kondisi mati di perairan Gili Air, Kabupaten Lombok Utara, NTB, Rabu (3/8/2022). Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) saat ini mendeteksi penyebab kematian.

"Lumba-lumba dalam kondisi mati tersebut pertama kali ditemukan oleh warga mengapung di hans reef Gili Air, sekitar pukul 08.55 Wita, lalu dibawa ke tepi pantai untuk penanganan," kata Koordinator BKKPN Kupang Wilayah Kerja Gili Matra, Thri Heni Utami Radiman di Kabupaten Lombok Utara.

Gili Matra merupakan singkatan dari tiga gugusan pulau kecil, yakni Gili Meno, Gili Air dan Gili Trawangan yang berada di Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Perairan laut ketiga gili tersebut merupakan kawasan konservasi perairan nasional di bawah pengelolaan dan pengawasan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Adapun penyebab kematian mamalia tersebut, Heni mengaku belum mengetahui secara pasti. Namun, dugaan sementara, lumba-lumba itu mati terkena tombak karena kondisi di tubuhnya berlubang.

"Penyebab kematian masih belum diketahui pasti, masih dugaan bekas dari tombak karena ada lubang di samping kanan dan kiri, ada lubang," ucapnya.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut