get app
inews
Aa Read Next : Viral, Pemain Uzbekistan Menghirup Sesuatu Saat Lawan Timnas Indonesia U-23

5 Cara Mengetahui HP Disadap yang Mungkin Tak Dipahami Anda

Rabu, 17 Agustus 2022 | 18:54 WIB
header img
Ilustrasi Hp disadap.(Foto:Ist)

JAKARTA, iNews.id - Kasus penyadapan hp telah berkali-kali terjadi di Indonesia. Dalam dunia intelijen sendiri, penyadapan seolah menjadi hal yang lumrah dilakukan.

Sebagaimana dilansir EHow, Rabu (17/8/2022), hp menjadi perangkat rentan yang dapat disadap karena hampir selalu digunakan untuk berkomunikasi, baik telefon, SMS, maupun koneksi internet.

Segala percakapan pribadi dan informasi penting terbuka lebar untuk dapat dimonitor oleh pihak lain.

Kurangnya pengetahuan pengguna terkait aktivitas hp yang dapat dipantau oleh orang lain menjadi celah para mata-mata dalam menyadap perangkat.

Demi mencegah hal tersebut, berikut ini Okezone paparkan beberapa cara mengetahui hp telah disadap pihak lain.

1. Suhu Baterai

Sebuah tanda jika ponsel disadap ialah jika baterai terasa panas, padahal telefon genggam dalam kondisi mati atau sedang tidak banyak digunakan.

Hal tersebut dapat mengindikasikan ponsel Anda telah dipakai oleh pelaku penyadapan yang mungkin men-download informasi dari ponsel Anda sementara waktu.

2. Baterai Cepat Habis

Tanda lain bahwa ponsel Anda sedang disadap atau digunakan orang lain ialah daya hidup baterai yang rendah. Baterai yang selalu cepat habis bisa menjadi tanda bahwa ponsel Anda telah disadap karena menggunakan daya tahan baterai lebih dari biasanya.

Ponsel yang baterainya tak bertahan lama itu mungkin digunakan secara terus-menerus oleh siapa pun yang sedang menyadap perangkat lunak telefon genggam untuk merekam percakapan dengan Anda dengan orang lain.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut