get app
inews
Aa Read Next : Viral! Siswa Wajib Bayar saat di Toilet, Ini Penjelasan Kepala Sekolah

4 Cara Hilangkan Ketombe secara Alami, Bisa Pakai Minyak Kelapa

Kamis, 18 Agustus 2022 | 22:09 WIB
header img
4 Cara Hilangkan Ketombe secara Alami, Bisa Pakai Minyak Kelapa. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Ketombe merupakan salah satu masalah kepala yang paling menyebalkan. Sebab, ketombe akan memengaruhi kepercayaan diri seseorang

Oleh sebab itu, melakukan perawatan rambut sangatlah penting. salah satunya untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk di rambut dan kulit kepala dan membuat rambut lebih berminyak.

Jika dibiarkan, kondisi ini dapat memicu munculnya ketombe. Lantas bagaimana cara menghilangkannya? Berikut cara menghilangkan ketombe dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/8/2022).

1. Gel lidah buaya, lemon, dan madu

Bahan alami seperti gel lidah buaya biasa digunakan untuk mengobati gejala peradangan kulit seperti bersisik, gatal, dan kering, yang merupakan gejala ketombe.

"Cairan kental di daun tanaman lidah buaya dapat meredakan ketombe", kata dokter kulit New York Michele Green, MD, dilansir WebMD.

Cara Penggunaan:

  • Cukup ekstrak gel dari daun lidah buaya yang baru dipotong, pijat dengan lembut di kulit kepala Anda, dan oleskan ke seluruh rambut. Biarkan mengering lalu bilas.
  • Bisa menggabungkan gel lidah buaya dan madu, dengan campurkan empat sendok makan gel lidah buaya. Dengan dua sendok makan madu dan satu sendok makan jus lemon untuk membentuk pasta.

2. Masker rambut bawang bombay dan lemon

 

Bahan alami satu ini, dinilai mampu menghilangkan ketombe. Hal itu dari ekstrak bawang yang berbahan dasar air, mengandung bahan kimia organik. Selain itu, juga mengandung saponin atau seposida yang memiliki sifat fungisida. Dapat membantu membunuh ragi penyebab ketombe di kulit kepala.

3. Minyak zaitun

Bahan  alami yang juga bisa untuk menghilangkan serpihan ketombe untuk sementara. Dengan oleskan sedikit minyak zaitun ke bagian yang bersisik, lalu gunakan sisir atau sikat di area tersebut setelah satu jam. Jangan berlebihan, atau Anda akan menghadapi rambut berminyak.

4. Minyak kelapa

Mimba memiliki sifat antijamur dan antiinflamasi, keduanya dapat membantu dalam pengobatan ketombe. Bila dipadukan dengan minyak kelapa bisa mengurangi rasa gatal dan kemerahan yang disebabkan ketombe.

Cara Penggunaan:

  • Dapat menyiapkan masker rambut berbahan dasar mimba dengan menggiling 10–20 lembar daun mimba ditambah minyak kelapa. Hingga membentuk pasta kental yang bisa mengganti minyak kelapa dengan pacar dan air. Masker rambut yang sangat baik selama bulan-bulan musim panas.
  • Juga bisa menyiapkan bilas rambut dengan merebus beberapa daun mimba selama 10-15 menit, lalu menyaring cairannya ke dalam wadah. Biarkan dingin dan gunakan untuk mencuci rambut beberapa kali setelah keramas.

 

 

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut