get app
inews
Aa Read Next : Viral, Pria Berdandan Wanita hingga Berhijab Bikin Resah Netizen

Viral! Siswa Wajib Bayar saat di Toilet, Ini Penjelasan Kepala Sekolah

Sabtu, 23 September 2023 | 21:04 WIB
header img
Viral siswa wajib bayar di toilet sekolah foto: istimewa

PAMEKASAN, iNewsPonorogo.id - Jagat maya dihebohkan dengan unggahan  terkait dengan kebijakan toilet berbayar di sebuah sekolah di Pamekasan, Madura. Kabar ini berawal dari pengakuan seorang mantan guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pamekasan yang mengungkapkan alasan di balik mutasinya setelah memprotes kebijakan sekolah.

Guru yang bernama Mohammad Arif ini merasa tidak setuju dengan kebijakan sekolah yang meminta siswa membayar Rp500 setiap kali menggunakan toilet. Baginya, meskipun nominalnya terbilang kecil, kebijakan semacam ini seharusnya tidak diterapkan kepada siswa.

Kepala MAN 1 Pamekasan, Nu'man Afandi, menjelaskan alasan di balik kebijakan ini. Menurutnya, tujuan dari pungutan uang toilet sebesar Rp500 adalah untuk memberikan pelajaran kepada para siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan. 

Selain itu sejak pertama kali menjabat pada tahun 2018, dia menilai bahwa kondisi sekolahnya perlu perbaikan, termasuk di antaranya adalah fasilitas toilet.

Salah satu masalah yang perlu diatasi adalah perilaku siswa yang sering menggunakan kamar mandi sebagai tempat bersembunyi atau merokok selama jam pelajaran.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut