get app
inews
Aa Read Next : Istri Sekda Ponorogo Masuk 3 Besar Lelang Jabatan, Bakal Terpilih?

Prototipe Komputer Apple-1 Steve Jobs Terjual Rp1,5 Miliar dalam Lelang

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 21:02 WIB
header img
Prototipe komputer Apple-1 terjual sekitar Rp1,5 miliar dalam lelang (Foto: RR Auction via AP)

BOSTON, iNews.id - Prototipe komputer Apple-1yang dibuat pada pertengahan 1970-an terjual 677.196 dolar AS atau sekitar Rp1,5 miliar dalam lelang pada Kamis lalu.

Rumah Lelang RR Auction di Boston menyatakan, komputer tersebut digunakan salah satu pendiri Apple, Steve Jobs, pada 1976 untuk didemonstrasikan kepada Paul Terrell, pemilik The Byte Shop di Mountain View, California. Byte Shop adalah salah satu toko komputer pertama di dunia.

Prototipe komputer itu berpindah tangan kepada seorang kolektor asal Bay Area yang idenditasnya dirahasiakan. Dia mengajukan penawaran 677.196 dolar AS yang membuat peserta lelang lainnya mundur.

“Tidak ada Apple-1 tanpa board ini, cawan suci Steve Jobs dan memorabilia Apple,” kata Bobby Livingston, wakil CEO RR Auction, dikutip dari Associated Press, Sabtu (20/8/2022).

Untuk menjamin keasliannya, board tersebut dicocokkan dengan foto Polaroid yang diambil Terrell pada 1976. Selain itu prototipe juga diperiksa dan disahkan oleh pakar Apple-1, Corey Cohen, berdasarkan laporan setebal 13 halaman. Belum cukup, ada sertifikat sebagai bukti resmi penjualan.

Prototipe Apple-1 mendekam di Apple Garage selama beberapa tahun sebelum diberikan Steve Jobs kepada penjual sekitar 30 tahun lalu.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut