get app
inews
Aa Read Next : Operasi Keselamatan, Satlantas Polres Ponorogo Bagikan Helm dan Cokelat

Ini Sosok WNI Pertama yang Ikut Pelatihan Hidup di Mars

Kamis, 08 September 2022 | 21:44 WIB
header img
Sosok WNI pertama yang ikut pelatihan hidup di Mars, Vincentius Christiawan (Foto: Youtube Mildspottv)

JAKARTA, iNews.id - Siapa sosok WNI pertama yang ikut pelatihan hidup di Mars? Apa yang telah dilakukannya hingga ia dapat mengikuti program tersebut?

Sebagai informasi, Mars Society pernah mengadakan pelatihan hidup di planet Mars atau yang disebut sebagai The Mars Desert Research Station (MDRS). Program ini tercipta setelah para ilmuwan menemukan kemungkinan bahwa manusia dapat hidup di planet Mars karena adanya ketersediaan air dan faktor-faktor lainnya. 

Untuk melancarkan program tersebut, Mars Society memilih kru yang akan diberangkatkan ke planet Mars dari berbagai negara. Namun dari nama-nama yang terpilih, terdapat salah seorang kru yang ternyata merupakan orang Indonesia.

Adapun kisah lengkap orang Indonesia tersebut dalam mengikuti MDRS oleh Mars Society adalah sebagai berikut.

Sosok WNI pertama yang ikut pelatihan hidup di Mars

Pada 3 tahun silam, Mars Society pernah melakukan seleksi untuk memilih kandidat yang akan melakukan pelatihan hidup di planet Mars. Sejumlah relawan dari berbagai negara dan disiplin ilmu pun dipilih.

Dari nama-nama yang dipilih, terdapat Vincentius Christiawan atau yang akrab disapa Venzha, seorang pria asal Yogyakarta. Dengan dipilihnya Venzha, ia sekaligus menjadi orang Indonesia pertama yang datang ke Mars dan mengikuti MDRS.

Venzha masuk dalam Asia Team saat mengikuti pelatihan tersebut, dimana anggotanya terdiri dari 7 orang dan 2 robot. Enam orang di antaranya berasal dari Jepang.

Peran Venzha dalam misi tersebut adalah sebagai seorang jurnalis yang bertugas untuk menulis kegiatan sehari-hari para kru. Bukan tanpa tantangan, ia mengaku harus terus menjaga keselamatan diri dan tim, pasokan makanan dan oksigen, dan menjaga fisik serta mental agar tetap prima selama di planet Mars.

Sebelumnya, ia telah melakukan simulasi riset isolasi manusia di kapal pemecah Jepang. Aktivitas tersebut merupakan rangkaian program MDRS yang digelar pada Maret 2019.

Siapa Venzha?

Melansir dari berbagai sumber, Venzha merupakan seorang pegiat dunia antariksa dan seniman. Sejak kecil, ia telah tertarik dengan ilmu luar angkasa dan UFO.

Berangkat dari ketertarikannya tersebut, ia banyak mengoleksi barang dan menonton berbagai film bertema UFO. Saat beranjak dewasa, ia bahkan mempelajari banyak hal tentang astronomi dan ilmu luar angkasa.

Kecintaannya terhadap dunia antariksa pun semakin tak terbendung. Hingga pada suatu hari, Venzha dan teman-temannya mendirikan House of Natural Fiber (HONF) untuk memudahkan masyarakat mengenall dunia sains, teknologi, dan luar angkasa lebih mendalam. 

Di tempat tersebut, Venzha berhasil menciptakan HONFablab yang merupakan laboratorium inkubator untuk pengembangan sains dan teknologi. Dari sanalah, ia banyak diajak berkolaborasi dengan pegiat dunia antariksa lainnya dari negara lain.

 

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut