get app
inews
Aa Read Next : Berikut 27 Link Nonton Film Secara Gratis, Cocok untuk Kaum Rebahan

Beredar Link Palsu Kenaikan Tarif Transaksi, ini Tanggapan BRI

Minggu, 11 September 2022 | 13:52 WIB
header img
Kantor Bank BRI (ist)

JAKARTA, iNews.id - Bank Rakyat Indonesia (BRI) memberikan tanggapan mengenai beredarnya pesan singkat berisi informasi perubahan tarif transaksi menjadi Rp150.000 per bulan, serta link pengisian data pribadi. Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto menegaskan, informasi tersebut tidak benar dan berasal dari sumber tidak resmi. 

Karena itu, perseroan mengimbau nasabah untuk tetap waspada dan tidak melakukan pengisian data pribadi melalui link yang tersebar. Itu sebagai langkah pencegahan tersebarnya data pribadi nasabah kepada pihak yang tidak bertanggungjawab.

"BRI mengimbau seluruh nasabah untuk selalu waspada terhadap modus tindak kejahatan social engineering," kata Aestika dalam keterangannya, dikutip Minggu (11/9/2022).

Perseroan juga mengimbau nasabah untuk menjaga kerahasiaan data pribadi dan data transaksi perbankan kepada pihak manapun, termasuk yang mengatasnamakan BRI.

Sebagaimana diketahui, social engineeringmerupakan tindakan kejahatan yang memanipulasi psikologis korban untuk membocorkan data pribadi dan data transaksi korban. Media yang digunakan pelaku untuk mendekati korban pun beragam antara lain, telepon, SMS, email, media sosial, dan lainnya.

Adapun, data yang perlu dijaga oleh nasabah meliputi nomor rekening, nomor kartu PIN, username, dan password digital banking, serta kode OTP.

"Apabila mendapat notifikasi melalui sms atau email yang tidak dilakukan, nasabah diimbau segera menghubungi contact center BRI di 14017 atau 1500017 untuk melakukan pemblokiran kartu ATM," ujar Aestika. 

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut