get app
inews
Aa Read Next : Rekomendasi 6 Tempat Wisata Malam di Surabaya, Ada yang Sediakan Tenda

Cerita Seram Terowongan Sasaksaat Bandung, Setiap Malam Jumat Bikin Merinding

Sabtu, 24 September 2022 | 20:01 WIB
header img
Terowongan seram Sasaksaat Bandung (foto istimewa )

JAKARTA, iNews.id - Terowongan peninggalan sejarah pasti identik dengan berbagai cerita misterius hingga menyeramkan. Salah satu yang mengundang banyak perhatian masyarakat adalah terowongan kereta api di Bandung bernama Sasaksaat. Jika Anda naik kereta api dari Jakarta ke Bandung, maka akan melewati terowongan Sasaksaat

Terowongan ini merupakan salah satu peninggalan masa kolonial, sekaligus menjadi saksi sejarah awal mula adanya kereta api di Indonesia. Hingga saat ini masih terdapat misteri di dalamnya.

Terowongan Sasaksaat berlokasi di di Desa Sumurbandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Dikutip dari laman resmi KAI, terowongan ini membelah Perbukitan Cidepong terletak antara Stasiun Maswati dan Stasiun Sasaksaat di km 143+144.

Menariknya, hingga sampai saat ini, Terowongan Sasaksaat dengan panjang 949 meter merupakan terowongan aktif terpanjang di Indonesia.

Dibangun mulai 1902 oleh Perusahaan Kereta Api Negara, Staatsspoorwegen (SS). Sebelum dilakukan pembangunan, masyarakat sekitar melakukan upacara sesajen tradisional. Ritual tersebut dilakukan bertujuan, untuk meminta keselamatan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama proses pembangunan.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut