get app
inews
Aa Read Next : Hardjo Mislan Diklaim Jadi Jamaah Haji Tertua Asal Ponorogo, Usianya 109 Tahun

Cerita Jamaah Ilegal Bisa Masuk ke Tanah Suci, Lewat Jalan Tikus hingga Terowongan

Kamis, 22 Juni 2023 | 21:05 WIB
header img
Cerita jamaah Haji bisa masuk tanah suci foto: istimewa

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Dimusim Haji jamaah dari seluruh dunia berdatangan ke Tanah Suci. Namun ternyata ada sejumlah jamaah yang datang dengan tidak resmi atau ilegal. Lalu kemudian bagaimana mereka bisa menunaikan Rukun IsIam nomor 5 itu.

Salah satunya yang paling ekstrem adalah backpacker. Kebanyakan mereka datang secara ilegal atau tidak memiliki permit izin (tashrih).

Viral jalan tikus haji koboi di Makkah. (Foto: YouTube Alman Mulyana)

Lalu, bagaimana cara mereka bisa masuk ke area Tanah Suci Makkah dan Madinah. Sementara saat musim haji berlangsung penjagaan ketat oleh petugas keamanan dan polisi setempat.

Hal ini diungkapkan oleh vloger Alman Mulyana yang memperlihatkan cara haji backpacker lolos dari kejaran polisi. Dimana mereka dikejar karena masuk ke area yang seharusnya mendapatkan izin.

"Jamaah haji ini, dalam satu mobil bisa beberapa orang, sampai berada di bagasi," kata Alman Mulyana dalam kanal YouTube-nya.

Selanjutnya ia menunjukkan bahwa haji backpacker ini akan menyelinap di gang-gang tikus ketika akan melaksanakan wukuf di Padang Arafah.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut