get app
inews
Aa
Read Next : MasyAllah! Bayi Mugil Selamat, Usai Bertahan dari Reruntuhan Bangunan Gaza

Cerita Mistis Tiga Makam Bayi, Dipercaya Tidak Bisa Dipindah Karena Ada Penunggunya

Sabtu, 24 September 2022 | 20:41 WIB
header img
Keberadaan tiga makam bayi dijalan, Solo. (Bramantyo)

JAKARTA, iNews.id - Keberadaan makam selalu di identikkan dengan cerita mistis dan seram, seperti 3 makam bayi di pertigaan jalan Solo selalu menarik untuk dikulik. Pasalnya, berbagai cerita mistis yang menyeramkan selalu menyertainya.

Padahal, makam ini terletak di jalanan yang selalu ramai orang lalu-lalang. Lokasinya berada tepat di pertigaan jalan yang ada di Kampung Gabuhan, Kelurahan Baluwarti, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah.Lantas, seperti apa kisah di balik adanya makam di pertigaan jalan tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Misteri 3 makam bayi di pertigaan jalan Solo

Sesuai dengan namanya, makam ini terdiri dari 3 makam jasad bayi tanpa nama. Tak diketahui pasti bayi siapa yang dimakamkan di lokasi tersebut, tetapi makam ini diyakini telah ada sejak 100 tahun yang lalu. Warga setempat menyebut makam ini dengan nama ‘makam Buthulan’. Selain itu, ada juga yang menamai sebagai ‘jabang bayen’.

Konon, bayi yang dimakamkan di kuburan tersebut dulunya merupakan bayi dari warga sekitar yang meninggal dunia karena hanyut di sungai Kalilarangan. Ketiga bayi itu bernama Anggoro Kasih, Den Bagus Kintir, dan Nyah Roro Setu.

Pada awalnya, makam ini hanya berupa gundukan tanah dan tidak ditemukan rumah-rumah warga di sekitar. Jalanannya bahkan sangat berlumpur dan makam ini dikelilingi oleh pepohonan yang besar dan rindang. 

Namun seiring dengan berjalannya waktu, lokasi sekitar makam telah ramai oleh hunian penduduk. Warga setempat bahkan membangun nisan pada makam tersebut di tahun 1960-an setelah mendapatkan pertanda untuk merawatnya melalui mimpi.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut