Logo Network
Network

Mbah Ponirah Hidup di Tumpukan Sampah, Wabup Lisdyarita: Sudah Pastikan Tercover Bansos

Putra
.
Senin, 26 September 2022 | 06:34 WIB
Mbah Ponirah Hidup di Tumpukan Sampah, Wabup Lisdyarita: Sudah Pastikan Tercover Bansos
Wabup Ponorogo meninjau langsung rumah mbah Ponirah (foto; ist )

PONOROGO, iNews.id - Kehidupan sehari-hari mbah Ponirah (80 tahun) warga Desa Sumoroto Kecamatan Kauman Ponorogo terekspos dan menjadi viral dimedia sosial. Hal ini langsung mendapat perhatian Wakil Bupati Ponorogo, Lisdyarita.

Wabup lantas mendatangi langsung rumah mbah Ponirah guna ingin memastikan mbah Ponirah sudah tersentuh program-program bantuan kesejahteraan dari pemerintah. Hasilnya, bahwa mbah Ponirah ternyata Sudanh tercatat sebagai penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Nontunai (BPNT). 

Selain itu, nenek sebatang kara ini juga sebagai peserta Kartu Indonesia Sehat Penerima Bantuan Iuran (KIS - PBI) yang iurannya dibayar pemerintah.

"Saya ingin memastikan saja bahwa Mbah Ponirah tercover dalam berbagai bantuan sosial apa belum. Alhamdulillah untuk PKH, BPNT, KIS semuanya sudah," Kata Lisdyarita. 

Lanjutnya, bahwa selain sudah tersentuh bantuan pemerintah, para tetangga selama ini juga sangat peduli dengan kondisinya. Kebutuhan makan mbah Ponirah selama ini dicukupi oleh warga sekitar. 

Terkait dengan kondisinya rumahnya, masih menurut Wabup Lisdyarita, segera berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan untuk memperbaiki rumah mbah Ponirah. Sembari membujuk agar mbah Ponirah berkenan rumahnya diperbaiki. 

Mengingat, seperti penuturan warga sekitar, mbah Ponirah selama ini tidak berkenan ketika rumahnya diperbaiki ataupun dibersihkan oleh warga sekitar. 

"Saya terima masih kepada warga di sini, yang sudah peduli dengan mbah Ponirah. Dan rumahnya akan kita benahi sehingga rumah mbah Ponirah bisa lebih layak," pungkasnya.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News

Bagikan Artikel Ini