get app
inews
Aa Read Next : Bukan Raffi Ahmad, Ini Artis Terkaya Nomor 1 di Indonesia dan Sumber Kekayaannya

Anak Tukang Kerupuk ini Menjadi Salah Satu Orang Terkaya, Hartanya Rp64 Triliun

Selasa, 11 Oktober 2022 | 07:13 WIB
header img
Boenjamin Setiawan salah satu orang terkaya di Indonesia (ist)

JAKARTA, iNews.id - Menjadi sukses tidak selalu memandang dari latar belakang keluarga. Seperti hal nya Boenjamin Setiawan, seorang anak yang lahir dari keluarga tukang kerupuk sederhana, menjadi orang sukses pendiri Kalbe Farma. Nama Boenjamin masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia

Menurut data Forbes, Boenjamin memiliki kekayaan sebesar 4,2 miliar dolar AS atau setara Rp64,34 triliun. Dengan kekayaannya tersebut, dia menjadi orang terkaya ke-8 di Indonesia tahun 2021.

Dikutip dari berbagai sumber, dr. Boenjamin Setiawan, Ph.D. memulai pendidikan Sekolah Dasar di Tegal. Setelah tamat SD, dia pindah ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikan SMP dan SMA-nya.

Setelah lulus SMA, Boenjamin kemudian melanjutkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan lulus sebagai dokter pada 1958. 

Boenjamin kemudian melanjutkan pendidikannya keluar negeri yaitu di University of California. Disana dia mendapat gelar Ph.D dengan disertasi berjudul The Inhibition of Alcohol Dehydrogenate by Chlor Promazine, an Other Phcnothiazinc Derivatif.

Sebelum terjun ke bidang bisnis, Dr. Boen sempat mengajar sebagai dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia selama beberapa tahun.

Pada tahun 1963, Boenjamin Setiawan mencoba berbisnis dengan mendirikan PT Farmindo bersama sejumlah rekannya, namun perusahaanya tersebut hanya mampu bertahan selama tiga tahun. 

Penyebab kegagalan tersebut yaitu karena kurangnya pengalaman di bidang pemasaran atau marketing. Boenjamin dan rekannya mampu memproduksi produk obat-obatan namun gagal mendistribusikannya.

Kegagalan yang dialami Dr Boen tidak membuatnya patah semangat, beliau kembali mencoba berbisnis obat-obatan. Kali ini, dia mengajak saudara-saudaranya, yakni Khouw Lip Tjoen, Khouw Lip Hiang, Khouw Lip Swan, Maria Karmila, dan F. Bing Aryanto.

Kalbe Farma berdiri pada tahun 1966, dengan garasi mobil sebagai pabriknya. Dari garasi mobil di Tanjung Priok, Jakarta itulah Dr Boen mulai memproduksi obat-obatan nasional.

Pada tahun 1998, Indonesia mengalami krisis moneter. Pada saat itu Kalbe sempat bangkrut, namun Dr Boen memutuskan untuk menyelamatkan perusahaan ini dengan mengambil utang dari luar negeri.
 

 

 

 

 

artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul: https://www.inews.id/finance/bisnis/kisah-boenjamin-setiawan-anak-tukang-kerupuk-kini-masuk-daftar-orang-terkaya-indonesia/2

Editor : Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut