get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Pacitan Ikuti Jalan Sehat Ganjar-Mahfud

Akibat Longsor Jalur Pacitan Trenggalek Tutup Total

Kamis, 13 Oktober 2022 | 16:23 WIB
header img
Jalur Pacitan dan Trenggalek terjadi longsor (ist)

PACITAN, iNews.id - Akibat bencana tanah longsor, Ruas Jalan Nasional yang menghubungkan Kabupaten Pacitan dengan Kabupaten Trenggalek putus. Kejadian longsor tebing setinggi 50 meter tepatnya terjadi di kilometer Dusun Sidorejo, Desa Cangkring, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan. 

Terlihat material longsor berupa tanah bercampur bebatuan menutup penuh badan jalan sepanjang 100 meter dan memiliki ketinggian material 25 meter.

Menurut keterangan warga, Syahroni mengatakan longsor terjadi setelah curah hujan tinggi sejak Selasa malam hingga Kamis 13 10 2022 mengguyur wilayah setempat. Sehingga tebing dengan struktur tanah labil yang berada di sisi jalan longsor.

"Sejak Selasa malam Rabu kemarin sampai hari ini hujannya sangat deras. Kemungkinan karena tanah tebing labil dan tak kuat menahan debit air sehingga tanahnya longsor," terangnya.

Sementara Sisca Maharani seorang siswa sekolah ini menambahkan akibat longsor yang terjadi, untuk akses lalu lintas dari arah Pacitan melalui Kecamatan Tulakan menuju Kabupaten Trenggalek tidak bisa dilalui kendaraan. Hal ini sejumlah pelajar tidak bisa sekolah karena tidak ada jalan lain menuju sekolah.

"Untuk arus lalu lintas baik dari arah Pacitan Trenggalek atau sebaliknya lumpuh total. Selain itu akses Pendidikan, Perekonomian dan Kesehatan warga ikut terhambat," imbuhnya

Upaya untuk pembukaan jalur masih belum sepenuhnya dilakukan. Petugas terkendala dengan pembuangan material serta cuaca terus diguyur hujan dan antisipasi longsor susulan.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut