get app
inews
Aa Read Next : Inara Rusli Jadi Sorotan, Kini Terkait Jualannya di TikTok

Kisah Sukses Penjual Detergen jadi Orang Terkaya, Hartanya Capai Rp46 Triliun

Minggu, 16 Oktober 2022 | 08:04 WIB
header img
Karsanbhai Patel Orang terkaya dengan harta puluhan triliun (ist)

GUJARAT, iNews.id - Seorang pengusaha bernama Karsanbhai Patel menjadi salah satu orang terkaya di India. Dia sukses menjadi konglomerat dari berjualan detergen.

Patel lahir di keluarga petani di Ruppur, Gujarat, India pada 1945. Pada usia 21, dia yang lulus di bidang kimia mencoba melakukan pekerjaan biasa seperti teman-temannya. Dia juga bekerja sebagai teknisi lab di pabrik kapas milik Grup Lalbhai. 

Kemudian, dia bekerja sebagai ahli kimia di Gujarat Minerals Development Corporation sekitar 1960, dengan gaji 400 ruppe.

Karena merasa tak cukup dengan gaji tersebut, dia pun mencari pekerjaan sampingan dengan bekal gelar sarjana kimia yang dimilikinya. Dia mencoba meracik soda abu dan beberapa bahan untuk membuat detergen

Suatu hari, dia mendapatkan formula yang tepat dan mulai memproduksi deterjen di halaman belakang rumahnya seluas 100 kaki persegi sebagai bisnis purna jual. Kemudian, dia menjualnya dari rumah ke rumah dengan menggunakan sepeda, yang dilakukan setiap hari saat berangkat dan pulang kantor.

Berkat kegigihannya, Patel mampu menjual 15 hingga 20 paket detergen dalam sehari. Meski saat itu pasar bubuk detergen di India masih sedikit.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut