get app
inews
Aa Read Next : Berikut Tips dan Langkah Jika WhatsApp Terblokir Akibat Spam

10 Negara Pengguna Transportasi Umum Terbanyak Dunia, Apa Indonesia Termasuk

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 23:38 WIB
header img
10 Negara Didunia pengguna Transportasi Umum ( Foto : ilustrasi /Istimewa)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Ada 10 negara tercatat terbanyak masyarakatnya menggunakan angkutan umum di dunia. Angkutan umum memang menjadi moda transportasi utama di beberapa negara tersebut.

Dominasi angkutan umum di suatu negara dipengaruhi oleh biaya kepemilikan kendaraan, efisiensi jaringan transportasi, ketersediaan infrastruktur transportasi, dan serta kebijakan pemerintah setempat. Satu wilayah yang sebagian besar penduduknya menggunakan transportasi umum adalah Hong Kong.

Dilansir iNews.id dari Worldatlas, Sabtu (22/10/2022), 80% populasi penduduk lebih memilih moda transportasi umum. Mengingat Hong Kong sangat padat, pemerintah melarang penggunaan kendaraan pribadi dengan memungut pajak yang tinggi atas kendaraan impor dan biaya parkir. 

Namun, Hong Kong bukanlah negara berdaulat melainkan Daerah Administratif Khusus China. Lantas, mana saja negara dengan pengguna angkutan umum terbanyak di dunia?

Sebagian besar negara dengan pengguna angkutan umum terbanyak ternyata bukanlah negara yang memiliki sistem layanan transportasi maju seperti Jepang atau Inggris. Berikut ini adalah daftarnya:

10 Negara dengan Pengguna Angkutan Umum Terbanyak di Dunia:

1. Korea Selatan

Korea Selatan adalah salah satu negara dengan sistem transportasi terbaik di dunia. Ragam transportasi umum di Negeri Gingseng ini sangat lengkap, aman, dan nyaman.

Karena itu, penggunaan transportasi publik di Korea Selatan mencapai 55 % dari total penduduknya. Salah satu transportasi antarkota yang menjadi favorit adalah kereta api.

2. Turki

Turki juga menjadi negara dengan transportasi umum yang nyaman. Selain itu, tarifnya juga cukup terjangkau. 

Maka tidak heran jika sebagian besar penduduk Turki gemar menggunakan angkutan umum. 54 % dari total warga di Turki lebih memakai transportasi umum.

Beberapa pilihan transportasi umum yang biasa digunakan masyarakat Turki adalah bus, kereta bawah tanah (metro), dan tramvay. Sistem bus Negeri Ottoman ini telah telah terintegrasi dengan jenis transportasi lainnya. 

3. Peru

Sama seperti Turki, sekitar 56% masyarakat di Peru juga memakai transportasi umum. Transportasi umum di Peru lumayan lengkap, mulai dari truk kuno hingga armada udara modern. 

Bus adalah  transportasi umum paling banyak digunakan di Peru, terutama untuk jarak jauh. Sementara untuk transportasi udara, ada 4 maskapai lokal yang melayani destinasi domestik.

Minibus adalah moda transportasi yang dikenal memiliki tarif sangat murah. Salah satu angkutan massal unik yang di Peru adalah mototaxi atau dikenal sebagai becak ala Peru.

4. Chile

Transportasi umum di Chile sebagian besar didominasi oleh kendaraan jalur darat. Kereta api secara historis menjadi moda transportasi penting di Chile.

Namun, kereta saat ini memainkan peran yang relatif kecil dalam sistem transportasi negara itu. Karena geografi dan jarak yang jauh antar kota besar, penerbangan juga menjadi sebagai moda transportasi utama di Chile. Bus adalah kendaraan umum yang paling banyak digunakan warga karena lebih ekonomis.

5. Kolombia

Kolombia memiliki sistem transportasi umum darat yang tertata bagus, sehingga banyak warganya menggunakan angkutan umum. Salah satu transportasi publik favorit di ibu kota Bogota adalah Trans Millenium.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut