Logo Network
Network

Deretan Negara yang Punya Mata-mata Terbaik Dunia

Rizky Pradita Amanda
.
Jum'at, 28 Oktober 2022 | 07:33 WIB
Deretan Negara yang Punya Mata-mata Terbaik Dunia
Negara yang punya mata-mata terbaik dunia (ilustrasi / ist)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Keberadaan mata-mata atau spy bukan jadi hal asing bagi masyarakat luas. Namun tidak banyak yang tahu negara mana saja di dunia yang memiliki agen atau badan mata-mata terbaik.

Mata-mata ini di setiap negara ini biasanya bertugas untuk mengumpulkan informasi penting, yang bisa memengaruhi kebijakan atau tindakan suatu negara.

Melansir India Times, berikut ulasan singkat 6 negara dengan mata-mata terbaik di dunia.

1. Israel

Mossad adalah mata-mata resmi milik negara Israel. Bermarkas di Tel Aviv, Institute for Intelligence and Special Operations ini adalah badan intelijen nasional Israel sama seperti CIA, memiliki agen aktif yang tersebar di seluruh dunia dan terlibat dalam pengumpulan intelijen, operasi rahasia, dan melindungi kepentingan orang-orang Yahudi.

2. Pakistan

Selain India, untuk di Asia Selatan, ISI (Inter-Services Intelligence), milik Pakistan juga disebut sebagai negara dengan mata-mata terbaik di dunia. Bermarkas di Islamabad, ISI yang didirikan sejak 1 Januari 1948 adalah pihak yang bertanggung jawab untuk memberikan penilaian intelijen keamanan kepada pemerintah Pakistan. ISI adalah agen intel paling penting di Pakistan loh!

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini