get app
inews
Aa
Read Next : Puluhan Formasi PPPK Pemkab Ponorogo Kosong, Ini Rinciannya

Kenali Penyakit Kelamin Bernama Klamidia yang Menyerang Pria dan Wanita, Bisa Bikin Mandul!   

Senin, 28 November 2022 | 15:45 WIB
header img
Ilustrasi penyakit kelamin Klamidia yang menyerang pria dan wanita. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Nama penyakit ini mungkin asing di telinga kita. Yah, Klamidia jarang terdengar. Namun, jenis penyakit ini sangat berbahaya.

Penyakit ini mempengaruhi baik pria dan wanita yang melakukan kontak seksual. Jika tidak segera diobati, Klamidia bisa bikin mandul, terutama bagi wanita.

Pada pria penyakit ini menyerang saluran kencing, sedangkan pada wanita bisa terjadi di organ panggul. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), ada sekitar 1,8 juta kasus Klamidia di Amerika Serikat pada tahun 2018. Ini adalah infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum di AS.

Klamidia sering tidak menunjukkan gejala, tetapi dapat menyebabkan masalah kesuburan. Namun, pengobatan yang efektif tersedia untuk penyakit ini. Dilansir dari Medical News Today, kebanyakan orang dengan Klamidia tidak melihat gejala apa pun. 

Menurut penelitian yang dikutip oleh CDC, hanya sekitar 10 persen pria dan 5 hingga 30 persen wanita yang mengalami gejala. Juga tidak jelas berapa lama gejala muncul, tetapi mungkin beberapa minggu.

Ada beberapa perbedaan gejala Klamidia antara pria dan wanita. Pada wanita, gejala Klamidia antara lain sebagai berikut. 

1. Keluarnya cairan dari serviks

2. Mudah berdarah

3. Buang air kecil yang sering atau menyakitkan

4. Jika Klamidia menyebar ke rahim dan saluran tuba, dapat menyebabkan penyakit radang panggul (PID). Ini juga mungkin tidak menimbulkan gejala. Namun, hal itu dapat mempengaruhi kesuburan.

Sedangkan pada pria, gejalanya mungkin termasuk nyeri, nyeri tekan, dan bengkak di testis atau uretra, saluran yang membawa urin.
 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut