get app
inews
Aa Read Next : D’jampi Cafe, Lokasi Baru di Kawasan Telaga Ngebel Ponorogo

Deretan Jenis Susu Ini Bisa Turunkan Kolesterol hingga Resiko Penyakit Jantung

Senin, 13 Februari 2023 | 16:41 WIB
header img
Susu ampuh untuk menurunkan kolesterol. (Foto: Tastingtable)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Mungkin belum banyak yang tahu, beberapa jenis susu yang ampuh menurunkan kolesterol tinggi, hingga perkecil risiko penyakit jantung.

Susu menjadi salah satu jenis minuman yang dianggap mengandung senyawa yang bisa membantu mengurangi atau menurunkan kadar kolesterol tinggi dan risiko penyakit jantung.

Menurut para ahli kesehatan, susu adalah salah satu minuman yang dianjurkan. Sebab, susu kaya akan nutrisi seperti kalsium, fosfor, vitamin A dan B12, kalium, magnesium, seng, dan yodium.

International Journal of Obesity menyebutkan susu bisa menyeimbangkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat, kolesterol total dan trigliserida.

Berikut rekomendasi susu yang bisa menurunkan kolesterol tinggi dan risiko penyakit jantung dikutip dari Times Now News.

1. Susu Kedelai

Kedelai rendah lemak jenuh dan menggantinya dengan susu dapat sangat membantu menurunkan kolesterol.

Susu kedelai memiliki 80 kalori dan hanya 2 gm lemak per satu cangkir yang disajikan bersama dengan tingkat lemak tak jenuh ganda, mineral, vitamin, dan serat yang tinggi.

Menurut Food and Drug Administration (FDA) mengonsumsi 25 gram protein kedelai per hari untuk diet rendah lemak jenuh dan kolesterol. Ini juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung 30 persen.

2. Susu Almond

Almond adalah salah satu kacang terbaik yang membantu meningkatkan kesehatan jantung. Susu almond tanpa pemanis mengandung antara 30-40 kalori per porsi 1 cangkir dan tidak memiliki lemak jenuh.

Susu almond yang diperkaya mengandung jumlah vitamin D yang sama, nutrisi penting, seperti susu sapi skim.

Menurut Asosiasi Jantung Amerika, susu almond sangat tinggi asam lemak tak jenuh ganda yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Penelitian juga menghubungkan asam oleat, yang merupakan asam lemak utama dalam minyak almond, dengan perubahan menguntungkan dalam lipid darah.

3. Susu Beras

Susu beras mengandung kalsium sebanyak susu sapi. Satu porsi satu cangkir memiliki 113 kalori, tidak ada lemak jenuh, dan tidak ada kolesterol, tetapi seperti susu gandum, susu beras lebih tinggi karbohidrat.

Susu beras juga mengandung niasin dan vitamin B6 dalam jumlah yang baik. Susu jenis ini juga memiliki jumlah lemak paling sedikit dibandingkan lainnya.

4. Susu Gandum

Oat sarat dengan beta-glucans yang mengandung zat seperti gel yang bercampur dengan garam empedu yang membatasi penyerapan kolesterol.

Sebuah studi, yang dilakukan oleh Royal Society of Chemistry mengatakan bahwa susu gandum menurunkan kadar kolesterol yang lebih konsisten daripada gandum padat.

Sehingga orang dengan masalah jantung harus minum setidaknya 250 ml gelas penuh setiap hari. Susu gandum juga sangat tinggi vitamin B, yang membantu mengubah makanan menjadi energi.

 

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut