get app
inews
Aa Read Next : Korupsi Pemotongan Insentif Pegawai BPPD, KPK Tetapkan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Tersangka 

Deretan Negara yang Hancur Akibat Korupsi Meski Dahulu Kaya Raya

Sabtu, 17 Desember 2022 | 06:37 WIB
header img
Negara hancur akibat korupsi meski sebelumnya kaya raya (ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNews.id - Banyak negara-negara di dunia ini yang hancur karena korupsi meski sebelumnya dianggap negara kaya. Dimana korupsi memang menjadi bahaya laten untuk semua negara atau wilayah.

Sepanjang sejarah dari Mesir Kuno hingga saat ini, sebuah negara bisa hancur gara-gara permasalahan korupsi. Berikut beberapa negara yang pernah hancur karena korupsi yang dirangkum dari beberapa sumber.

1.Kenya

Kenya dahulu memiliki hasil tambangnya luar biasa banyak. Namun, karena ulang para pejabat yang korup, Kenya menjadi negara miskin. Banyak uang negara yang masuk ke kantong-kantong pribadi para pejabat. Korupsi yang merajalela membuat kondisi Kenya semakin terpuruk dan menjadi salah satu negara yang hancur korupsi.

2.Sudan

Sudan merupakan negara yang kaya akan hasil tambang, hasil tambang di negara ini bisa dibilang sangat melimpah. Tambang emas di Sudan bisa menghasilkan ratusan ribu ton emas. 

Namun karena Sudan merupakan negara yang rawan konflik dan dilanda perang yang tak berkesudahan semakin memperparah kondisi Sudan.

Selain dilanda konflik tak berkesudahan, kondisi Sudan diperparah dengan adanya praktik korupsi. Praktek korupsi merajalela di Sudan. Bahkan indeks korupsi di Sudan berada di nilai 8. Kondisi seperti ini tak mengherankan jika rakyat sudan berada di bawah garis kemiskinan. 

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut