get app
inews
Aa Read Next : Cerita Sebutan Maleo Untuk Prajurit Kopasus Oleh Rakyat Papua

Mengenal Pasukan Misterius Denharin, Lebih Menakutkan dari Kopasus

Rabu, 28 Desember 2022 | 16:17 WIB
header img
Pasukan misterius Denharin yang lebih ditakuti daripada Kopasus (istimewa)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Bicara pasukan khusus yang ada di Indonesia, masyarakat pasti lebih mengenal Kopasus ataupun Kopaska, namun tidak banyak yang tahu bahwa ada pasukan khusus yang dikenal dengan sebutan Pasulam Harimau Indonesia atau Denharin.

Denharin sendiri hingga kini masih misterius, selain itu juga lebih ditakuti dari Kopassus. Dimana 1 Denharin setara dengan 300 tentara biasa.

Pasukan khusus di Indonesia yang terkenal adalah Komando Pasukan Khusus (Kopassus) untuk TNI Angkatan Darat dan Komando Pasukan Katak (Kopaska) untuk TNI Angkatan Laut.

Den Harin atau Datesemen Harimau adalah salah satu pasukan khusus yang pernah dimiliki Indonesia. Konon, pasukan ini bertugas untuk mengawal Presiden secara senyap. Namun hingga hari ini belum ada keterangan resmi dari Mabes TNI tentang keberadaan pasukan Den Harin.

ist

Tak hanya itu, pasukan khusus ini juga memiliki tugas menanggulangi teror-teror yang masuk ke Indonesia. Hanya saja, keberadaan pasukan ini tak terendus oleh siapapun.

Saking misteriusnya, keberadaan pasukan khusus ini bahkan diragukan. Bagaimana tidak, hingga kini belum ada dokumen yang menampakkan wujud dari pasukan tersebut.

Kendati begitu, Den Harin diyakini dibentuk pada 1986. Pasukan ini dibentuk bermula dari masa awal kemerdekaan Indonesia, saat Belanda ingin kembali merebut kekuasaan.

Pasukan khusus ini disebut-sebut hasil bentukan Jenderal L.B. Moerdhani dua tahun sebelum menjabat Panglima TNI. Den Harin menampung prajurit hebat dari lingkungan TNI AD, AL, AU, dan POLRI.

Semua prajurit yang akan menjadi bagian Den Harin diseleksi ketat agar menghasilkan pasukan yang benar-benar mematikan. Bukan hanya memiliki kekuatan fisik yang super, namun juga kemampuan otak di atas rata-rata dalam bidang ilmu sosial maupun alam.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut