get app
inews
Aa Read Next : Viral! Pendakian Tektok ala Anak Muda, Naik Pagi Buta, Turun Jelang Magrib

5 Pantangan di Gunung Merbabu, Ada Sosok Gadis Penunggu

Jum'at, 13 Januari 2023 | 21:26 WIB
header img
Berbagai pantangan di Gunung Merbabu jika ingin melakukan pendakian (foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Gunung Merbabu selain indah juga masih dikenal dengan segala misteri serta cerita-cerita mistis pendakian. Namun gunung setinggi 3.145 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL) ini menyuguhkan pemandangan sangat indah.

Ada sederet pantangan yang perlu diperhatikan ketika mendaki Merbabu, terutama bagi pendaki pemula. Selain menyiapkan fisik yang prima serta perlengkapan hingga konsumsi memadai, pahami pula sederet pantangan jika hendak Gunung Merbabu.

Apa pantangan di Gunung Merbabu, simak daftarnya berikut ini.

1. Mengeluh

Pantangan selanjutnya ketika naik Gunung Merbabu adalah mengeluh. Percaya atau tidak, seseorang yang suka mengeluh bakal diminati oleh sosok 'setan minta gendong'.

Ya, makhluk halus itu tak segan duduk di atas tas pendaki. Kemunculan setan minta gendong konon ditandai dengan aroma wangi yang cukup menyengat.

2. Jangan Terpisah dari Rombongan

Pantangan pertama saat naik Gunung Merbabu adalah memisahkan diri dari rombongan. Usahakan tetap fokus dan jangan sampai tersesat.

Konon, ada sosok gadis penunggu Merbabu yang gemar mengajak pendaki untuk pergi bersamanya. Makhluk gaib ini digambarkan begitu cantik.

 Ilustrasi

Jika sudah tergiur atas ajakannya, bukan tidak mungkin pendaki bakal tersesat hingga nyawanya terancam. Mengutip dari sebuah sumber, pernah ada seorang pendaki yang mengikuti Gadis Penunggu Merbabu

Pada akhirnya dia ditemukan tengah terlelap di pinggir jurang.

3. Membuang Puntung Rokok yang Masih Menyala

Pantangan naik Gunung Merbabu satu ini tak ada kaitannya dengan mistis. Membuang puntung rokok yang masih menyala dapat memicu kebakaran .

Menurut Anggota Masyarakat Peduli Api Pangudi Nitising Dahana Harga Merbabu (MPA Pandhu) Getasan, Kabupaten Semarang Agus Surolawe , ada banyak sabana rumput di hutan Gunung Merbabu. Kondisi ini mudah sekali terbakar jika ada aktivitas yang menggunakan api.

Untuk itu lah, pendaki Gunung Merbabu dilarang membuang puntung rokok yang masih menyala demi keselamatan maupun kelestarian alam.

Editor : Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut