get app
inews
Aa Read Next : Tragis, Pria Paruh Baya Tewas Terlindas Alat Berat di Pelabuhan Tanjung Perak

Deretan 3 Kota Tertua di Jawa Timur, Mana Saja

Kamis, 26 Januari 2023 | 07:11 WIB
header img
Kabupaten Malang menjadi daerah tertua di Jawa Timur karena masuk dalam wilayah kerajaan Kanjuruhan (foto: istimewa)

SURABAYA, iNewsPonorogo.id - Tidak banyak orang yang tahu daerah atau kota tertua di Jawa Timur. Kota Surabaya meski terkenal dengan segudang sejarah perjuangan bangsa namun ternyata bukanlah daerah tertua di Jawa Timur.

Berikut 3 daerah tertua di Jawa Timur.

3. Kota Kediri

Kota Kediri bersanding dengan Kabupaten Kediri menjadi daerah tertua di Jawa Timur. Dimana Kota Kediri lahir pada 27 Juli 879 dan sudah mencapai usia 1.143 tahun. Jika dilihat dari bukti peninggalan sejarah yang ada, Kota Kediri termasuk dalam wilayah kekuasaan Kerajaan Kediri pada masa lalu.

2. Kabupaten Kediri

Kabupaten Kediri tercatat menjadi daerah tertua di Jawa Timur. Dimana daerah yang diapit oleh dua gunung yaitu Gunung Kelud di sebelah Timur yang bersifat Vulkanik dan Gunung Wilis disebelah barat yang bersifat non vulkanik membuat wilayah ini memiliki tanah yang subur.

Kota Tahu ini lahir pada 25 Maret 804 sehingga kini usianya mencapai 1218 tahun. Melansir dari laman resmi kabupaten Kediri, nama Kediri berasal dari kata "diri" yang berarti "adeg" (berdiri) yang mendapat awalan "Ka" yang dalam bahasa Jawa Kuno berarti "Menjadi Raja".

1. Kabupaten Malang

Selanjutnya daerah yang tertua di Jawa Timur berikutnya adalah Kabupaten Malang. Dilihat dari hari jadinya, daerah yang terkenal dengan sebutan kota wisata dan kota dingin ini lahir pada 28 November 760.

Pada masa lampau kota yang sudah berumur 1262 tahun ini pernah menjadi daerah kekuasaan Kerajaan Kanjuruhan yang diyakini sebagai kerajaan Hindu-Buddha tertua di Jatim. Kerajaan yang berada di Malang ini tercatat berkuasa bersamaan dengan masa Kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut