Logo Network
Network

Penjelasan Kenapa Sholat Dzuhur dan Ashar Tidak Bersuara Menurut Ajaran Nabi

Putra
.
Jum'at, 03 Februari 2023 | 14:36 WIB
Penjelasan Kenapa Sholat Dzuhur dan Ashar Tidak Bersuara Menurut Ajaran Nabi
Kenapa sholat Dzuhur dan ashar tidak bersuara.(Foto: iNews/Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Sebagai umat Islam ada ibadah yang diwajibkan diantaranya adalah sholat lima waktu. Namun rukun dan tata cara yang berbeda-beda tiap waktu sholatnya. Seperti halnya sholat dzuhur dan ashar tidak bersuara, berbeda dengan sholat wajib lainnya.

Hal itu mungkin menjadi pertanyaan bagi sebagian umat Muslim.

Dalam pelaksanaan sholat fardhu berjamaah, imam sholat dzuhur dan ashar tidak mengeluarkan suara layaknya sholat lain seperti magrib, isya, dan subuh. Lantas mengapa demikian? 

Alasan Sholat Dzuhur dan Ashar Tidak Bersuara

Sebagai muslim, sudah sepatutnya untuk mengikuti apa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW dalam menjalankan ajaran Islam. Alasan kenapa sholat dzuhur dan ashar tidak bersuara saat membaca bacaan sholatnya adalah karena sesuai dengan apa yang dicontohkan Rasulullah.

Hal itu sebagaimana dengan hadits yang berbunyi berikut:


صَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُونِي أُصَلِّي


Artinya: "Sholatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku sholat." (HR Bukhari dan ad-Darimi).

Rasulullah SAW mengamalkan sholat dzuhur dan ashar dengan suara sirr atau pelan. Hal itu sesuai ijma muslim yang menukilkannya dari ulama salaf, ulama khalaf, beserta hadits-hadits shahih.

Salah satunya dalam hadits shahih yang disebutkan oleh sekelompok sahabat. Seorang sahabat bernama Khabbab bin Arats dalam hadits yang diceritakan oleh Abu Ma'mar Abdullah bin Sakhbarah mengisahkan demikian:

"Kami bertanya kepada Khabbab, 'Apakah Nabi Muhammad SAW membaca dalam sholat Dzuhur dan Ashar?' Dia menjawab, 'Benar.' Kami bertanya lagi, 'Dengan apa kalian mengetahui hal itu?' Dia menjawab, 'Dengan gerakan jenggotnya.'" (HR Bukhari)

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini