get app
inews
Aa Read Next : Breaking News! Gempa Bumi 5 Magnitudo Landa Pacitan, Dirasakan Warga Ponorogo

BNPB: Masyarakat Bisa Buat Alat Deteksi Dini Sederhana, Ini Bentuknya

Minggu, 12 Februari 2023 | 09:32 WIB
header img
BNPB menghimbau masyarakat bisa membuat alat deteksi dini gempa (foto: ilustrasi/Istimewa).

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Bencana Gempa bumi seperti di Turki memang tidak disangka-sangka. Apalagi di Indonesia juga sering terjadi gempa bumi. Sehingga diperlukan antisipasi dan meningkatkan kewaspadaan masyarakat. 

Menurut Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, masyarakat bisa membuat atau menggunakan alat deteksi dini gempa bumi.

Gempa di Kota Jayapura, kata Muhari, hendaknya disikapi dengan sikap yang lebih waspada, namun tidak perlu takut atau khawatir berlebihan. Meski, gempa susulan masih bermunculan beberapa kali, namun kekuatannya terus melemah.

“Terlihat dari data BMKG kekuatannya melemah. Sehingga bapak dan ibu sekalian tidak perlu takut, namun kami minta tetap waspada,” ujar Abdul Muhari.

Pria yang juga ahli gempa bumi dan tsunami BNPB itu mencontohkan, masyarakat sebenarnya dapat memanfaatkan alat-alat rumah tangga sebagai sistem peringatan dini gempa bumi sederhana.

 

Peringatan dini gempa bumi dapat dibuat dengan memanfaatkan barang-barang yang ada disekitar dan mudah dijumpai di rumah. Misalnya, dengan menyusun kaleng bertingkat.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut