get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Sunset di Pantai Watu Karung Pacitan, Cocok Buat Libur Akhir Pekan

Terungkap, Kemunculan Gunung Misterius di Bawah Laut Pacitan

Selasa, 14 Februari 2023 | 16:06 WIB
header img
Kemunculan Gunung Dibawah laut Pacitan (foto: ilustrasi /ist)

PACITAN, iNewsPonorogo.id - Baru-baru ini terungkap bahwa ada sebuah Gunung di bawah perairan masuk Kabupaten Pacitan. Temuan tersebut didapat oleh Badan Informasi Geospasial (BIG). 

“Saya mendapatkan informasi bahwa ada Gunung bawah laut Pacitan. Informasi ini disampaikan BIG (Badan Informasi Geospasial),” ujar Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji.

Masih menurut Bupati, bahwa dari informasi yang didapatnya, lokasinya berada sekitar 200 kilometer barat daya Pacitan. Jaraknya terbilang jauh, ibarat jarak antara Pacitan ke Surabaya.

“Saya dimintai tolong untuk memberikan nama, terhadap gunung tersebut. Masih dipikirkan untuk namamu. Yang jelas bukan Aji,” imbuhnya.

Lanjutnya, ia menambahkan bahwa gunung bawah laut itu memiliki tinggi 2.300 meter dari dasar laut, dengan diameterlebih dari 10 kilometer. 

Aji berharap temuan Gunung bawah laut itu bisa menjadi berkah bagi Pacitan, bukan malah sebaliknya.

“Kami berdoa temuan gunung bawah laut ini adalah kabar baik dan bukan sebaliknya,” terangnya.

Dari informasi, jelas Aji, kemunculan gunung bawah laut berdasarkan fenomena tumbukan lempeng Indo-Australia di Samudera Hindia. Dimana analisa tersebut diungkapkan BIG setelah mereka melakukan proses survei dan pemetaan.

Disisi lain, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, Erwin Andriatmoko mengungkapkan, gunung bawah laut itu tidak muncul tiba-tiba. 

“Ini akibat tumbukan lempeng Indo-Australia. istilahnya seperti lantai yang ada tonjolannya. Nah, tonjolan itu disebut roo rise,” jelasnya.

Kemudian, masih menurut Erwin, salah satu yang terbesar hasil identifikasi para peneliti berada di selatan Pacitan. Untuk perihal Gunung bawah laut itu aktif atau tidak, belum diketahui.

"Apakah ini gunung aktif atau tidak, belum tahu,” pungkasnya.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut