get app
inews
Aa Read Next : Tertangkap Polisi, Pasutri ini Ngaku Konsumsi Sabu Biar Kuat

Hati-Hati, Simak 5 Ciri Kurma Tak Layak Konsumsi

Kamis, 23 Maret 2023 | 22:01 WIB
header img
Simak ciri-ciri kurma yang tak layak konsumsi foto: istimewa

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Bulan puasa Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, kurma pasti buah yang paling dicari. Dimana kurma punya ciri-ciri jika tak layak konsumsi. Jadi Anda harus cermat jika ingin membeli dan mengkonsumsi.

Disaat membeli kurma jangan asal, sebaiknya harus memperhatikan kurma yang akan dibeli, apakah kurma tersebut masih segar dan kualitasnya baik atau tidak.

Dirangkum Okezone, berikut adalah 5 ciri-ciri kurma yang tak layak konsumsi.

1. Berubah warna

Kurma juga bisa mengalami pembusukan, seperti halnya buah lainnya. Salah satu cirinya yang mudah diketahui adalah perubahan warna.

Jika kurma yang anda beli mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap dari saat pertama membelinya, lebih baik jangan dikonsumsi karena kurma tersebut mungkin sudah mulai membusuk.

2. Jamuran

Jamur pada makanan adalah salah satu ciri pembusukan terlihat jelas. Sedangkan kurma memiliki kadar air yang sangat rendah, pertumbuhan jamur pada kurma tidak terlalu tampak terlihat.

3. Berlendir

Kurma yang secara alami memang lengket, namun jika sudah membusuk atau berkualitas buruk akan menjadi berlendir. Kurma yang anda miliki sudah berlendir maka anda segera membuangnya.

4. Perubahan aroma

Kalau dilihat kurma berkualitas baik punya aroma yang lembut dan netral, lalu yang sudah membusuk atau kualitasnya buruk memiliki aroma yang sangat menyengat dan tidak enak.

5. Perubahan rasa

Kurma yang mengalami pembusukan memang tidak terlalu jelas. Selain melihat dari tampilannya untuk mengetahui apakah kurma itu busuk atau tidak kita juga harus mengetahui apakah ada perubahan rasa atau tidak.

Sedangkan kurma yang masih segar dan berkualitas baik memiliki rasa manis yang bervariasi, seperti karamel hingga rasa manis yang sangat tajam, kalau sudah membusuk rasanya pahit dan asam.

Editor : Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut