get app
inews
Aa Read Next : Tradisi Warga Ponorogo, Lewati Hutan untuk Bersihkan Makam Leluhur Jelang Ramadhan

Cerita Jendela di Dekat Makam Nabi Muhammad SAW di Biarkan Terbuka Selama 1400 Tahun

Jum'at, 16 Juni 2023 | 19:54 WIB
header img
Jendela di dekat makam Nabi Muhammad SAW foto: istimewa

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Ada berbagai hal yang menarik dari kisah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalamualaikum (SAW). Salah satunya adalah tentang jendela di dekat makamnya yang dibuka terus menerus.

Kota Makkah pun menyimpan berbagai kisah menarik dari Nabi Muhammad SAW saat diutus ke bumi, baik ketika berdakwah, berdagang, berkeluarga, hingga bersahabat serta berkerabat.

Di dalam tayangan video yang diunggah akun Instagram @teladan.rasul. Memperlihatkan ada sebuah jendela yang terdapat di samping makam Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Di buku Siyar A'lam An-Nubala meriwayatkan bahwa rumah istri-istri Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam berdekatan. Sehingga ketika Keberadaan rumah-rumah tersebut berkaitan dengan gagasan Umar bin Khattab menjadi Amirul Mukmin, untuk memperluas area Masjid Nabawi di Kota Madinah.

Perluasan ini dilakukan sebagai bentuk pelayanan kepada jamaah agar lebih leluasa dan dapat berjalan kaki dengan tenang dikala ingin menyampaikan salam kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. 

Perluasan ini mau tidak mau harus memakan rumah Hafshah Radhiyallahu anha. Umar bin Khattab pun merayu saudara sekaligus istri Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam tersebut guna merelakan rumahnya.

Rumah yang menyimpan kenangan bersama Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam ini pun akhirnya direlakan oleh Hafshah dengan kompensasi dirinya tinggal di rumah Abdullah bin Umar radhiyallahu anhu.

Kerja keras Umar bin Khattab pun membuahkan hasil. Ia akhirnya dapat memperluas pembangunan Masjid Nabawi. Bahkan uniknya, ada satu syarat dari Hafshah yaitu jendela di rumah tersebut untuk tetep dibuka setiap hari.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut