get app
inews
Aa Read Next : Mencicipi dan Berwisata di Kebun Jeruk Pulung Ponorogo yang Langka

Mencicipi Jajanan Getuk Golan, Hanya Dibuat di Sebuah Desa di Ponorogo

Selasa, 25 Juli 2023 | 08:22 WIB
header img
Getuk Golan jajajan legendaris Ponorogo foto: istimewa

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Berkunjung ke Kabupaten Ponorogo kurang lengkap rasanya kalau tidak mencicipi kuliner khasnya, selain menonton kesenian yang cukup terkenal Reog Ponorogo. Berbagai macam kuliner, seperti sate, juga ada jajanan bernama Getuk Golan.

Kuliner ini merupakan perpaduan antara singkong dan ketan putih yang ditaburi parutan kelapa, serta disiram dengan air gula merah. Jadi wajib jajanan tradisional ini untuk dicoba.

Diberi nama Getuk Golan karena pusat pembuatan getuk ini berada di sebuah desa di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo, bernama Desa Golan.

Getuk Golan memiliki kelezatan yang sudah tersohor hingga luar kota, jadi tidak jarang banyak yang berkunjung serta membeli getuk di pusat pembuatannya. Meski di beberapa tempat diluar Desa Golan, ada juga yang berjualan 

Di Desa Golan, dahulu hampir setiap rumah berjualan. Kini tinggal beberapa, yang masih berjualan . Meski tinggal menyisakan segelintir pedagang, namun pamor Getuk Golan masih saja tetap eksis.

Bahan dasarnya yakni ketela, harus benar-benar pilihan, agar cita rasa getuk tidak berubah. Bahkan tidak jarang para pembuat getuk mendatangkan langsung dari daerah Telaga Ngebel, Ponorogo.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut