get app
inews
Aa Read Next : Intip Harga Terbaru Uang Koin Rp500 dan Rp1.000, Ada yang Seharga Mobil

Uang Koin Kuno Bertuliskan Holand 1734 Ditemukan Warga

Selasa, 01 Agustus 2023 | 19:50 WIB
header img
Uang koin kuno, sebuah bukti benda bersejarah, ditemukan di Desa Bangsala, Kecamatan Porehu, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra). Foto:Muh Rusli

KOLAKA UTARA, iNewsPonorogo.id - Uang koin kuno, sebuah bukti benda bersejarah, ditemukan di Desa Bangsala, Kecamatan Porehu, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Uang koin tersebut terbuat dari logam perak dan bertuliskan Holandi dengan tahun pembuatan tertera pada tahun 1734.

Selain uang koin kuno, penemuan benda-benda sejarah dan prasejarah lainnya juga ditemukan, termasuk peti penyimpanan mayat biasa yang disebut soronga, berusia ribuan tahun. Selain itu, ada juga batu ike untuk membuat pakaian dari kulit kayu dengan cara dipukul-pukul, serta gelang kuningan.

Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan Kolut menjelaskan bahwa batu ike digunakan oleh orang-orang pada masa lampau untuk membuat pakaian dari kulit kayu. Berdasarkan sejarah, batu tersebut sering digunakan oleh manusia sekitar tahun 2.500 sebelum Masehi.

"Jika merujuk pada batu itu, tentu tergolong dalam peradaban yang cukup tua karena masih menggunakan pakaian dari kulit kayu. Untuk menentukan usia masing-masing benda, perlu diuji terlebih dahulu melalui laboratorium," ujarnya pada Selasa (1/8/2023).

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut