get app
inews
Aa Read Next : Mencicipi dan Berwisata di Kebun Jeruk Pulung Ponorogo yang Langka

Kisah Keberadaan Taman Sukosewu Ponorogo, Saksi Bisu Perjuangan Pangeran Diponegoro

Selasa, 15 Agustus 2023 | 07:27 WIB
header img
Taman Sukosewu jejak sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro foto: istimewa

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Kisah perjuangan Pangeran Diponegoro dalam perlawanannya kepada penjajahan Belanda adalah sejarah yang tidak bisa dilupakan oleh bangsa Indonesia. Salah satu lokasi bersejarah yang menjadi saksi bisu perjuangan beliau adalah Dusun Sukosewu, Desa Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo.

Pada waktu itu, Pangeran Diponegoro dan pasukannya tiba di Taman Sukosewu untuk beristirahat sejenak. Dalam momentum ini, pasukan beliau menjadikan taman ini sebagai tempat untuk menambatkan kuda sebelum memasuki medan pertempuran.

Di lokasi ini ada salah satu pohon terbesar tepat di tengah dikatakan sebagai tempat istirahat Pangeran Diponegoro. Saat berperang dengan pihak Belanda.

Tak heran jika Taman Sukosewu dianggap sebagai markah tanah penting yang merepresentasikan semangat perlawanan Pangeran Diponegoro dan para prajuritnya.

Nama "Taman Sukosewu" sendiri memiliki makna yang mengandung kisah penting dalam perjalanan perjuangan ini. Jejak sejarah di Sukosewu banyaknya pohon asoka yang tumbuh di taman tersebut, menjadi saksi bisu dari pasukan Pangeran Diponegoro menambatkan kudanya.

Diperkirakan, Taman Sukosewu telah hadir sejak tahun 1825-1830, mengabadikan momen bersejarah di masa lampau.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut