get app
inews
Aa Read Next : Bentuk Rasa Syukur, Masyarakat Adat Kelurahan Kepatihan Ponorogo Purak 3 Buceng Raksasa

Intip Pembuatan Terompet Reog Ponorogo yang Diusulkan ke UNESCO

Sabtu, 02 September 2023 | 11:27 WIB
header img
Kerajinan pembuatan terompet Reog Ponorogo foto: istimewa

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Terompet adalah bagian dari salah satu alat musik yang tak terpisahkan dari seni Reog Ponorogo. Bentuknya yang unik serta mengeluarkan suara yang khas melengking. Bahkan ketika pertunjukan Reog suara terompetlah yang paling mendominasi dari beberapa alat musik yang lain.

Pembuatan terompet Reog ini memerlukan keahlian khusus dan pemilihan bahan baku yang tepat. Di antara para pembuat terompet Reog di Ponorogo, adalah Rahmat Septian, seorang pemuda dari Desa Nambangrejo, Kecamatan Sukorejo, Ponorogo.

Rahmat, seorang yang juga mahasiswa seni tersebut, telah menguasai seni membuat terompet sejak masih sekolah. Bahkan sejak SMP, dia sudah ahli dalam memainkan terompet Reog.

Dalam proses pembuatan terompet, Rahmat terampil dalam memahat kayu yang menjadi ujung terompet, juga dikenal sebagai petor. Kayu yang dipilih oleh Rahmat bukan sembarang kayu, melainkan harus dari jenis sono keling, jati, atau kayu langka seperti kayu mentaos.

“Jenis kayu ini juga berpengaruh terhadap kualitas suara terompet, dan juga karakter terompet itu tersendiri,” kata Rahmat.

Masih menurut Rahmat mengungkapkan bahwa saar melakukan semua pekerjaan ini, ia lakukan sendiri, bahkan seringkali sampai harus mencari bambu sebagai bahan "watangan," bagian terompet yang memiliki lima lubang untuk memainkan nada.

Pembuatan terompet Reog ini yang unik adalah dalam proses melubangi watangan, Rahmat tidak menggunakan mesin bor, melainkan besi yang dipanaskan di atas kompor, kemudian ditusukkan ke bambu hingga berlubang. 

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut