get app
inews
Aa Read Next : Kepala Desa Ini Bagikan Zakat Capai Rp13 Miliar ke Ribuan Tukang Becak

Warga Sekampung di Jombang Viral Berangkat Umroh, Disambut Tangis Haru saat Pulang

Jum'at, 29 September 2023 | 09:25 WIB
header img
Warga Sekampung di Jombang yang berangkat umroh disambut haru warga saat pulang dari Tanah Suci. Foto: iNews/Mukhtar Bagus

JOMBANG, iNews.id - Sejumlah warga dari sebuah desa di Jombang, Jawa Timur (Jatim), yang menjadi viral karena berangkat umrah, akhirnya pulang ke Tanah Air pada Kamis malam (28/9/2023).

Kedatangan mereka disambut dengan tangisan haru. Sebelumnya, 56 warga dari Desa Genukwatu, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, melakukan perjalanan umrah yang menjadi sorotan karena keunikan situasinya.

Ternyata, uang yang digunakan untuk berangkat umrah ini berasal dari tabungan bersama selama lima tahun. Salah satu jemaah umrah, Mohamad Pribadi, menjelaskan bahwa sejak tahun 2018, sekitar 200 warga Desa Genukwatu setuju untuk mengikuti program umrah dengan cara menabung secara bersama-sama.

"Ikhtiar kami dimulai sekitar tahun 2018, alhamdulillah, rencana kami untuk lima tahun ternyata banyak yang uangnya sudah mencukupi untuk umrah," ujar Mohamad pada Kamis (28/9/2023).

Jumlah uang yang mereka tabungkan tidak selalu sama, berkisar antara Rp10.000 hingga Rp500.000, disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu.

Setiap minggu, ada seorang petugas yang telah ditunjuk untuk mengumpulkan uang tabungan dari warga. Uang tersebut kemudian disetor ke sebuah bank. Setelah berjalan selama lima tahun, akhirnya 56 jemaah memiliki uang yang mencukupi untuk berangkat umrah.

Setelah melalui musyawarah, 56 orang ini memutuskan untuk berangkat umrah terlebih dahulu, sementara 145 orang lainnya masih terus menabung dan berencana berangkat umrah nanti setelah uang mereka mencukupi.

"Ada sekitar 145 orang yang masih menunggu giliran. Semoga program ini dapat berlanjut," tambahnya.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut