get app
inews
Aa Read Next : Bentuk Rasa Syukur, Masyarakat Adat Kelurahan Kepatihan Ponorogo Purak 3 Buceng Raksasa

Nyaris Tanpa APBD, Pemkab Ponorogo Bakal Gelar Grebeg Suro Spektakuler Tahun Ini

Jum'at, 26 April 2024 | 17:29 WIB
header img
Festival Reog Nasional dalam event Grebeg Suro Ponorogo foto; iNewsPonorogo.id/Putra

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Event tahunan Grebeg Suro yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo, bakal luar biasa, meski nantinya nyaris tanpa menggunakan pembiayaan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). 

“Untuk tahun ini, cuma dianggarkan Rp450 juta, dari nilai kebutuhan sekitar Rp5,8 miliar. Artinya nyaris tidak dibiayai APBD.” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), Judha Slamet Sarwo Edi.

Lanjutnya, Judha menambahkan bahwa dengan rentan waktu kurang lebih 2 bulan, harus mencari terobosan baru dengan melakukan mencari mitra kerjasama yang mau membantu dalam mewujudkan event ini berikut juga pendanaannya. 

“Grebeg Suro 2024 harus lebih baik dibanding tahun sebelumnya,”imbuhnya.

Usai mencari mitra kerjasama, masih menurut Judha, bahwa akhirnya ada satu pihak yang mau kita gandeng dengan nama Local Hero Motivation berasal dari Solo. 

“Dulu anggaran sudah tersedia di SIPD. Sekarang anggarannya sedikit. Sehingga mustahil menggelar event sebesar Grebeg Suro dengan anggaran cuma sebesar Rp450 juta tanpa adanya terobosan dan bekerjasama dengan pihak lain,” jelasnya.

Kerjasama Local Hero Motivation ini nanti diharapkan bisa melaksanakan event Grebeg Suro yang spektakuler.

“Selain membantu dan konsep, mereka juga mencarikan anggaran pendanaannya dengan kerjasama sponsorship. Mereka punya channeling yang sangat banyak dan luas sekali koneksinya,” terangnya.

Nantinya, Local Hero Motivation tidak cuma sekedar membantu menggelar event, namun juga bakal melibatkan dari pemuda kreatif Ponorogo, kakang senduk, budayawan, seniman, vlogger, youtuber, yang dilibatkan.

“Jadi event ini dari warga untuk warga milik kita bersama, ini tidak hanya hajatannya Dinas Disbudparpora saja. Mohon doa dan supportnya agar kami bisa menyelenggarakan Grebeg Suro ini dengan sukses,” pungkasnya.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut