get app
inews
Aa Read Next : Tak Butuh Waktu Lama, Pelaku Tabrak Lari di Ponorogo Berhasil Diamankan

Hutan di Ponorogo Terbakar hingga Ancam Pemukiman Warga, Ini Lokasinya

Minggu, 08 September 2024 | 09:49 WIB
header img
Hutan di Desa Menggare Ponorogo terbakar hingga mengancam pemukiman warga foto: iNewsPonorogo.id/Putra

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Warga Desa Menggare, Kecamatan Slahung, Ponorogo, dibikin panik setelah hutan yang ada Gunung Tumpak Gerih terbakar. Hal ini lantaran lokasi hutan rakyat berdekatan dengan pemukiman. Sulitnya mencari sumber air membuat warga kesulitan untuk memadamkan api.

Dari informasi bahwa kejadian terbakarnya hutan yang ada di Gunung Tumpak Gerih ini sudah terjadi sejak siang di hari sebelumnya. Warga mulai panik saat api, mulai merambat hingga mendekati pemukiman saat malam harinya.

“Kebakaran ini terjadi pada hutan milik rakyat, dan sebagian milik Perhutani, ada sekitar 80 sampai 100 hektare lahan yang terbakar,” kata Kepala Desa Menggare, Setyo Budi Utomo.

Lanjutnya, Budi menambahkan bahwa jika sebagian hutan milik Perhutani yang terbakar, ada tanaman pinus dan rimba atau campur. Sedang hutan milik rakyat yang sebelumnya oleh ditanami singkong dan kacang-kacangan sudah dipanen warga.

“Penyebab pasti kebakaran kita tidak bisa menyimpulkan, yang jelas api muncul dari atas gunung,” pungkasnya.

Petugas BPBD dan Pemadam Kebakaran yang datang ke lokasi langsung melalukan pemadaman dan berhasil memutus jalur api yang mengancam pemukiman warga. Sejumlah petugas gabungan juga melakukan memadamkan api dengan menggunakan gepyok manual karena memang medan yang terjal.

Editor : Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut