get app
inews
Aa Read Next : Kasus Pembuangan Bayi di Ponorogo, Tersangka Melahirkan Sendiri dan Potong Pakai Gunting

Kisah Pilu Seorang Istri, Suami Kabur seusai Siti Melahirkan di Puskesmas Losarang Indramayu

Selasa, 19 April 2022 | 06:43 WIB
header img
Siti Rohanah, terbaring lemah di ruang perawatan seusai melahirkan. Sang suami meninggalkannya di Puskesmas Losarang, Kabupaten Indramayu. (FOTO: ANDRIAN SUPENDI).

INDRAMAYU, iNews.id - Sungguh pilu nasib Siti Rohanah. Wanita asal Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung ini ditinggal kabur suami berinisial S seusai mengantarkannya melahirkan di Puskesmas Losarang, Kabupaten Indramayu, Minggu (17/4/2022).

Sampai saat ini, sang suami tak kunjung datang untuk membayar biaya persalinan dan membawa pulang Siti dan anak yang baru dilahirkan.

Kapolres Indramayu AKBP M Lukman Syarif melalui Kapolsek Losarang Kompol Mashudi mengatakan, peristiwa itu berawal saat Siti Rohanah (35) wanita asal Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, datang ke Puskesmas Losarang untuk mendapatkan pelayanan medis karena hendak melahirkan.

"Menurut pengakuan Ibu Siti Rohanah, bahwa dirinya datang ke puskesmas diantar oleh suaminya berinisial S yang berprofesi sebagai tukang rongsokan," kata Kapolsek Losarang.

Kompol Mashudi menyatakan, kedatangan Siti Rohanah itu langsung direspons tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas Losarang. "Alhamdulillah janin yang dikandungnya lahir selamat dan berjenis kelamin laki-laki, dalam kondisi sehat dan normal di Puskesmas Losarang," ujar Kompol Mashudi.

Sayangnya, tutur Kapolsek Losarang, karena Siti Rohanah pernah menjalani operasi cesar dan saat itu kondisi psikologinya depresi, tenaga kesehatan Puskesmas Losarang merujuk Siti Rohanah ke RS Bhayangkara Losarang untuk mengantisipasi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

"Namun saat akan dirujuk ke RS Bhayangkara, suaminya berinisial S kabur. Bahkan saat Siti Rohanah dan anaknya ke tempat penangpungan rongsokan di Desa Santing, Losarang, suaminya itu belum kembali untuk menemui istri dan anaknya," tutur Kapolsek Losarang.

Sementara, saat dimintai kartu identitas oleh Kompol H Mashudi, Siti Rohanah tidak dapat menunjukkan. Dia mengaku kartu tanda penduduk (KTP), surat vaksin, dan lain-lain, hilang dicuri sejak setahun lalu.

Demi kemanusiaan dan yang terpenting ibu dan bayinya diselamatkan. Sedangkan urusan administrasi keuangan biaya persalinan,  Kapolsek Losarang Kompol H Mashudi bersedia sebagai penjamin.

"Saya sampaikan apresiasi kepada petugas Puskesmas Losarang dan RS Bhayangkara yang dengan baik memberikan pelayanan selama persalinan ibu Siti Rohanah," ucap Kompol Mashudi.

 

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut