get app
inews
Aa Read Next : Demam Berdarah Kembali Makan Korban, 2 Anak di Ponorogo Meninggal Dunia

Hepatitis Misterius Pada Anak, Kenali Gejalanya

Rabu, 11 Mei 2022 | 15:14 WIB
header img
Ilustrasi hepatitis (Foto: Istimewa)

PONOROGO, iNews.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ponorogo melakukan deteksi dini penyakit hepatitis akut pada anak-anak. Deteksi ini untuk mengantisipasi penyebaran kasus tersebut. Selain itu Dinkes menyebut jika sampai saat ini belum ada temuan kasus hepatitis akut di Ponorogo.

"Meski belum ditemukan kasus, tetapi masyarakat perlu tetap waspada dengan melakukan deteksi dini," ujar dr Mietha Ferdiana Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2L) Dinas Kesehatan Ponorogo, Rabu (11/5/2022).

Lanjutnya, Mietha menuturkan, masyarakat diimbau untuk mengenali dengan baik gejala awal penyakit yang menyerang anak-anak dibawah usia 16 tahun tersebut. Seperti diare mual, muntah, sakit perut dan demam ringan.

"Jika muncul gejala-gejala tersebut, masyarakat diimbau agar tidak panik dan segera membawa pasien ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk memperoleh pertolongan. Jangan sampai menunggu gejala lanjutan muncul," ungkapnya.

Kemudian ada gejala lanjutan yang muncul, masih menurut Mietha, di antaranya air kencing berwarna pekat seperti teh dan buang air besar (BAB) berwarna putih pucat, warna mata dan kulit menguning, gangguan pembekuan darah, kejang serta adanya penurunan kesadaran.

"Lebih baik memeriksakan sejak dini agar terhindar dari penyakit yang dapat menyebabkan kematian," terangnya.

Dia mengajak masyarakat membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat dengan rutin cuci tangan dengan sabun. Selain itu, selalu memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan dengan orang lain.

"Kita akan terus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang hepatitis akut ini," pungkasnya.

Editor : Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut