get app
inews
Aa Read Next : Prihatin Sampah, Komunitas Estungkara Ajak Warga Bersihkan Telaga Ngebel Ponorogo

Warga Sinten Ubah Plastik Jadi Bahan Bakar, Berikut Penjelasannya

Rabu, 25 Mei 2022 | 15:52 WIB
header img
Suratno menunjukkan alat untuk mengubah plastik menjadi bahan bakar. (Foto : MPI/erfan erlin)

BANTUL, iNews.id Sampah tampaknya bukan persoalan lagi bagi warga Dusun Siten Kalurahan Sumbermulyo Kapanewon Bambanglipuro Bantul. Melalui Bank Sampah Gerbang Pilah, mereka berhasil mengatasi persoalan sampah bahkan mampu mengatasi seluruh sampah plastik tanpa tersisa.

Rabu (25/5/2022) siang, tampak sekelompok ibu-ibu di Dusun Siten menunggu kiriman sampah ke Bank Sampah yang mereka kelola. Tak berselang lama, terlihat seorang lelaki bernama Suratno datang membawa tumpukan sampah dengan kendaraan roda tiga bantuan pemerintah.

Para ibu rumah tangga ini lantas mengangkat tumpukan sampah tersebut ke dalam gedung bank sampah. Mereka kemudian memilah sampah plastik dan sampah kertas. Kebetulan sampah yang datang siang ini adalah sampah non organik.

Plastik-plastik tebal seperti ember ataupun galon air mineral mereka pisahkan dengan kardus ataupun kertas. Sementara sampah kantong plastik atau bungkus makanan mereka kumpulkan. Kemudian oleh Suratno plastik itu dimasukkan ke alat yang akan mengubahnya menjadi bahan bakar mirip minyak tanah.

Suratno, lelaki yang menjabat sebagai ketua Bank Sampah Gerbang Pilah ini mengatakan jika sudah hampir tiga tahun ini mereka mampu mengubah sampah plastik yang tidak memiliki nilai ekonomi mereka ubah menjadi minyak tanah.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut