get app
inews
Aa Read Next : Sejumlah Petani di Ponorogo Sambat, Harga Gabah Turun Saat Panen Raya

Badan Pangan Bakal Wajibkan Importir Serap Kedelai Petani untuk Jaga Stok

Senin, 06 Juni 2022 | 06:00 WIB
header img
Badan Pangan Bakal wajibkan importir serap kedelai petani demi jaga stok. (Ilustrasi)

Arief menjelaskan, holding pangan ID Food melalui PT Sang Hyang Seri sejak Maret 2022 lalu telah memulai budidaya penanaman kedelai di areal lahan pertanian milik PT SHS di Sukamandi, Subang Jawa Barat. Ini bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Jaga harga kedelai di tingkat petani dan serap produksinya menjadi pendorong untuk meningkatkan minat menanam kedelai dan penguatan stok kedelai nasional,” ucap dia.  

Arief menyebut harga acuan kedelai di tingkat petani saat ini Rp8.500 per kilogram (kg). Oleh karena itu, Badan Pangan Nasional bersama Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian dan stakeholders lainnya akan menyiapkan regulasi baru harga acuan kedelai di tingkat petani.

Dia menambahkan, hal ini juga menjadi peran Badan Pangan Nasional untuk update harga acuan mengikuti perkembangan sarana produksi yang dibutuhkan petani, memperhatikan situasi perdagangan global serta menjamin kepastian harga dan pasar bagi produk petani. Dengan begitu, negara dapat melindungi petani mengembangkan produksinya dan secara bertahap dapat mengurangi ketergantungan terhadap kedelai impor.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut