Mahasiswi Minum Obat Aborsi Hingga Pendarahan, Kesakitan Langsung Dilarikan ke RS

Edy Gustan
Mahasiswi yang diduga pelaku aborsi saat diperiksa Unit PPA Polresta Mataram. (Foto: iNews/Edy Gustan)

MATARAM, iNews.id Mahasiswi asal Sumba berinisial BRB (22) nekat mengonsumsi obat penggugur kandungan untuk aborsi. Namun diduga karena menenggak terlalu banyak, dia mengalami pendarahan dan kesakitan hingga akhirnya dibawa ke RSUD Mataram.

Kasat Reskrim Polresta Mataram Kompol Kadek Adi Budi Astawa mengatakan, BRB diduga mengonsumsi obat di tempat kosnya, Jalan Pejanggik, Pajang, Kelurahan Pejanggik, Kecamatan Mataram, Kota MataramNusa Tenggara Barat (NTB).

Awalnya dia memesan satu strip obat pada 10 Juni 2022 via online sebanyak 3 bungkus kapsul tanpa merek. Pada 18 Juni 2022, dia menerima pesanan obat tersebut dari kurir dan membayar seharga Rp1,3 juta. 

"Dia meminum sebagian obat tersebut di dalam kamar kos. Tidak lama berselang, dia merasakan nyeri di bagian perut," ujarnya

Merasa tidak berefek, dia kembali meminum obat keesokan harinya pada Minggu (19/6/2022) malam. Dia lantas merasakan sakit pada bagian perut serta mengeluarkan darah akibat pendarahan.

Karena tidak bisa menahan rasa sakit, BRB menghubungi sepupunya agar dibawa ke rumah sakit. Dibantu sepupu dan temannya, dia dilarikan ke RSUD Kota Mataram. Sesampai di rumah sakit ternyata dia sudah melahirkan bayi laki-laki yang tidak bernyawa. Tubuh bayi tersebut bahkan sampai menghitam.

"Petugas medis RSUD Mataram menangani pasien di IGD. Selanjutnya dialihkan ke ruang persalinan. Janin hampir keluar dari rahim, begitu lahir sudah meninggal dunia," katanya.

Kadek menjelaskan sudah memeriksa saksi dan olah TKP. Namun petugas tidak menemukan bekas obat yang dikonsumsi.

"Kami juga memeriksa pasangan laki-lakinya," katanya.

Dalam kasus ini, polisi memeriksa pelaku dugaan aborsi sekaligus berkoordinasi dengan dokter forensik terkait penyebab kematian janin tersebut. Namun polisi tidak memaparkan motif di balik aksi nekat BRB melakukan aborsi.

 

Editor : Putra

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network