Ratusan Kepala Desa Ponorogo Akan Gelar Aksi Jakarta, Ini yang Dituntut

Putra
Ratusan kepala desa se Kabupaten Ponorogo mendatangi gedung DPR RI Jakarta (foto: iNewsPonorogo.id/Putra)

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Ratusan kepala desa (kades) di wilayah Kabupaten Ponorogo, mendatangi Jakarta untuk menggelar aksi di gedung DPR RI. Dengan menggunakan 6 bus, 253 kades tersebut pada hari Selasa (17/01/2023) besok akan melakukan demonstrasi bergabung dengan perwakilan kepala desa dari daerah lain.

Kedatangan mereka bukan tanpa alasan. Hal ini setelah ada wacana perubahan pada Undang-Undang Desa, tentang masa jabatan kepala desa serta terkait dana desa.

"Teman-teman Papdesi agendanya besok pukul 07.00 WIB ke DPR RI untuk menyuarakan berbagai tuntutan," kata Kordinator Kepala Desa Ponorogo, Riyanto.

Lanjutnya, bahwa tuntutan yang akan disuarakan, kata Riyanto rencananya mengenai masa kerja kades. Saat ini ada dua opsi yang ditawarkan terkait masa kerja kades ini. Opsi pertama masa kerja selama 8 tahun, 3 periode dan 9 tahun, 2 periode.

"Kalau kita pinginnya cenderung memilih untuk masa jabatan 9 tahun, 2 periode," terangnya. 

Selain terkait masa jabatan, juga ada terkait dengan dana desa. Menurut Rianto ada beberapa isu terkait dengan pengurangan dana desa bahkan akan dihilangkan.

“Jika dana desa hilang maka desa akan lumpuh. Padahal selama ini digaungkan pemerataan anggaran APBN sampai ke tingkat desa,” pungkasnya. 

Editor : Putra

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network