Sisi Lain Sosok Pelawak Tessy Srimulat, Pernah Ikut Operasi Militer Irian Barat

Putra
Sisi lain pelawak Tessy Srimulat yang pernah jadi prajurit TNI AL (foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Pecinta komedi pasti akan mengenal nala komedian Kabul Basuki alias Tessy. Namun tidak banyak yang tahu punya kisah unik yang jarang orang tahu. Dimana personel grup lawak Srimulat itu ternyata adalah mantan Marinir TNI AL.

Nama Tessy identik dengan pelawak yang berperan sebagai wanita. Dia sering tampil bersama pelawak kondang lainnya seperti Tarzan, Gogon, hingga Doyok. 

Namun siapa sangka, Tessy ternyata punya kisah unik sebelum namanya dikenal sebagai seorang komedian Tanah Air.

Tessy Srimulat pernah tercatat sebagai anggota KKO Angkatan Laut yang kini dikenal dengan nama Marinir. Komedian asal Banyuwangi itu juga sempat terlibat dalam operasi militer pembebasan Irian Barat. 

Takdir hidup pelawak Tessy tak berlangsung sesuai harapannya dan membuat Ia terpaksa meninggalkan karier militernya demi mencari ridho sang ibu. Usut punya usut, keputusannya menjadi anggota Marinir tak didukung ibu kandungnya. Hal itu membuat Tessy harus rela banting setir mencoba prosesi lain.

Sepak terjang sang komedian rupanya mengantarkannya masuk kedalam grup lawak Srimulat. Dia resmi bergabung bersama Gepeng cs di penghujung tahun 1970-an. Sejak itu, nama Tessy kian dikenal sebagian komedian populer.

Grup lawak Srimulat terbilang eksis dari era 1950. Tak jarang, tur kota besar Srimulat sering melibatkan komedian dengan ciri khas punya cincin batu besar di jemarinya.

Di tengah perjalanan kariernya Tessy sempat tersandung kasus hukum karena terjerat narkoba. Hal ini menambah noda hitam grup lawak bentukan Teguh Slamet Rahardjo itu. Selain Tessy, ada Doyok, Polo, dan Gogon yang lebih dulu masuk kelubang hitam narkotika.

 

Editor : Putra

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network